4 Tips Tindakan untuk Mengatasi Nilai CPC Turun

4 Tips tindakan untuk mengatasi nilai cpc turun – Banyak faktor penyebab penurunan penghasilan dari bisnis online adsense. Namun kali ini akan disajikan salah satu penyebab yang umum namun susah dikendalikan oleh publisher adsense terutama publisher blogger. Susah dalam pengertian ini tidak berarti tidak dapat diupayakan tindakan untuk mengatasinya..

tindakan,naikkancpc,iklan adsense

Nilai CPC (cost per click) yang rendah tidak hanya dialami oleh blog dengan trafik pengunjung rendah. Blog dengan trafik tinggi pun akan mengalaminya. Untungnya, blog bertrafik tinggi lebih berpeluang besar mendapat klik yang banyak meskipun nilai CPC-nya rendak.

Berdasarkan pengamatan dan pengujian saya selama ini turun naiknya nilai CPC tidak dapat dikendalikan secara langsung oleh publisher adsense. Artinya publisher adsense sulit memodifikasi nilai CPC iklan menjadi tinggi.

Namun demikian bukan berarti publisher pasrah dengan kenyataan ini. Para publisher dianjurkan untuk melakukan tindakan optimasi iklan adsense pada blog. Memang, tidak selalu upaya ini menunjukkan hasil yang signifikan sehingga serta merta menaikkan penghasilan publisher adsense.
Paling tidak ada 4 tindakan terhadap optimasi iklan dalam mengatasi penurunan nilai CPC adsense, yaitu:

1.Menempatkan ukuran iklan terbaik

Menempatkan ukuran iklan terbaik pada blog dalam pengertian ini adalah memasang iklan ukuran lebar seperti 720 x 90 pada bagian header,336 x 280 pada bagian akhir konten dan ukuran 160 x 600 di bagian sidebar blog.

Ukuran dan posisi penempatan tersebut dapat meningkatkan nilai CPC pada tampilan dekstop namun belum banyak terjadi peningkatan pada versi selluler. Saya tidak tahu apakah karena versi seluler, tampilan ketiga jenis ukuran tersebut menjadi hampir sama jika dibuka pada tampilan seluler.

3.Iklan teks dan display

Setel iklan yang dipasang secara manual dengan jenis  iklan teks dan display. Ini akan berdampak pada tampilan iklan yang bervariasi antara iklan dalam bentuk teks atau gambar. Pengaruh lainnya adalah menambah perbendaharan akses iklan sebanyak mungkin, meningkatkan persaingan lelang antar advertiser sehingga menaikkan nilai CPC iklan.

3.Pelajari trend musiman

Trend musiman perlu dipelajarai sesuai dengan niche blog. Misalnya pada awal tahun pelajaran baru diperkirakan trafik pengunjung meningkat dan kebutuhan akan perangkat seragam alat-alat sekolah meningkat. Pada saat ini terjadi peningkatan bid sehingga menaikkan nilai CPC.

4.Membatasi pemasangan iklan manual dan otomatis

Jika memasang iklan manual dan otomatis tanpa ada pembatasan maka laman konten akan dipenuhi oleh tayangan iklan. Ini berpeluang untuk menurunkan nilai CPC. Oleh sebab itu perlu perhitungan jika menyelipkan iklan otomatis dalam laman blog.
Simak juga : Meningkatkan Penghasilan Publisher Adsense
Kombinasi iklan manual dan otomatis hendaknya seimbang sehingga iklan tampil pada tempat dan posisi yang strategis di lihat oleh pengunjung.

0 Response to "4 Tips Tindakan untuk Mengatasi Nilai CPC Turun"

Posting Komentar