Sikap Blogger Mengadapi Pasang Surut Dunia Blogging

Sikap para blogger menghadapi pasang surut dunia blogging – Sejak beberapa tahun terakhir sering mengemuka keluhan para blogger, termasuk saya sendiri. Semakin tahun semakin sulit untuk mendatangkan trafik pengunjung blog. Bagi publisher adsense, tentu saja kondisi ini berdampak pada pendapatan blogger dari bermain adsense.

menyikapi,masa surut blogger,penghasilan
Ilustrasi blogger (pixabay.com)

Memang, para blogger sudah menyadari bahwa segala sesuatu di atas dunia ini pasti ada pasang, naik dan surut. Ibarat roda roda yang berputar,  suatu saat bagian roda berada di atas namun suatu saat juga akan berada pada posisi bawah dan terhimpit oleh beratnya beban.

Begitu pula pantai ketika mengalami psang naik dan pasang surut yang disebabkan oleh pengaruh grafitasi bulan terhadap permukaan bumi.

Pada akhir 1990-an dan awal 2010, boleh dikatakan sebagai masa emasnya para blogger Indonesia yang bermain adsense. Mereka mendapatkan penghasilan jutaan rupiah per bulan.. Maka tidak heran jika banyak bermunculan blogger baru dan ingin seperti blogger pendahulunya yang telah sukses. Menimkmati gurihnya penghasilan dari berbisnis online adsense.

Untuk menjadi publisher adsense waktu itu pun tidak begitu rumit. Selain melalui blog, pendaftaran untuk menjadi publisher adsense dapat dilakukan melalui akun youtube dan pihak ketiga lainnya.

Pasang surut bermain adsense itu akhirnya datang juga. Blogger mulai banyak mengeluh dengan sulitnya mendatangkan pengunjung yang berujung rendahnya pendapatan dari bermain bisnis online adsense.

Salah satu penyebab sulitnya mendatangkan pengunjung sesuai pengamatan saya adalah pengguna internet lebih cenderung menonton ketimbang membaca. Mereka lebih cenderung mengunjungi media tonton yang menyediakan konten lebih menarik dan ekspresif. Hal ini akan mengalahkan blog yang umumnya menyediakan media baca.

Haruskah mundur? Haruskah meninggalkan profesi blogger dan membiarkan blog lantaran kondisi terkini yang kurang menggairahkan?

Hal ini mungkin tidak perlu dilakukan karena semula tujuan blogger adalah menyalurkan hobi menulis dan berbagi melalui media blog. Jika kebetulan hobi tersebut dapat mendatangkan uang dari blog, anggaplah itu sebagai bonus.

Namun jika masa surut itu telah datang tentu blogger tidak akan berhenti dengan kegiatan blogging.

Justru dengan semangat peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019 ni, semangat blogger akan tetp menyala dalam menghadapi tantangan terutama mendatangkan pengunjung serta menghasilkan uang dari blog.
Lihat juga : 
Kalau selama ini konten blog hanya berisi teks dan gambar, mungkin blogger perlu melengkapinya dengan tayangan video dalam halaman artikel blog.

0 Response to "Sikap Blogger Mengadapi Pasang Surut Dunia Blogging "

Posting Komentar