Tips Mudah Membersihkan Motherboard Komputer

Tips membersihkan motherboard komputer – Mungkin anda adalah salah seorang pengguna setia komputer sampai saat ini. Meskipun perangkat komputer tidak bersifat portabel, tidak dapat dibawa kemana pergi, namun perangkat yang satu ini masih banyak yang menggunakannya.

tips,membersihkan,motherboard,komputer

Perangkat komputer pribadi (Kompi) ini diletakkan di ruang kerja kantor atau ruang khusus di rumah. Justru karena perangkat komputer bersifat statis maka besar kemungkinannya kotor oleh debu. Jika dibiarkan debu makin lama makin tebal dan merusak komponen-komponennya.
Debu yang menenmplel pada komponen-komponen, terutama bagian motherboard harus dibersihkan agar tidak merusak komponen-komputer. Misalnya, debu yang sering menempel pada fan processor. Jika dibiarkan berdebu semakin tebal maka putaran fan semakin berkurang, processor komputer akan cepat panas (overheat) sehingga membuat komputer jadi lag atau hang.

Mungkin anda masih awam dengan perangkat komputer namun bukan mustahil anda dapat membersihkan motherboard (mainboard) sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service komputer.

Yang anda perlukan antara lain obeng, karet penghapus dan kuas halus. Dengan alat sederhana ini anda dapat membersihkan motherboard komputer dengan mudah. Yang perlu anda bersihkan di bagian mainboard ini adalah fan processor, RAM dan komponen lain seperti kapasitor, transistor dan regulator.

Berikut langkah mudah membersihkan motherboard komputer agar awet dan tahan lama:

1.Lepaskan dengan hati-hati semua socket pada motherboard seperti socket power, socket panel motherboard, RAM, card pada slot, kabel IDDE (penghubung harddisk dan CD-ROM) dan bagian pendingin processor. Namun sebelumnya anda harus mengingat dimana dan bagaimana posisi pemasangan komponen ini sebelum dilepaskan.

2.Kemudian dengan menggunakan kuas halus bersihkan semua debu yang menempel pada permukaan motherboard.

3.Bagian RAM yang sudah anda lepaskan di gosok dengan karet penghapus dari ujung sampai keujung konektor pada RAM. Lakukan dengan hati-hati dan bersihkan kembali bagian konektor tersebut dengan kuas halus.

3.Setelah semua dirasa sudah terbebas dari debu, pasang kembali semua komponen yang dilepaskan dan dibersihkan ke dalam casing.
Demikianlah langkah mudah membersihkan motherboard komputer. Jika anda coba dan terus menerus secara berkala,  maka anda akan terbiasa dengan motherboard dan membersihkannya secara berkala. 

0 Response to "Tips Mudah Membersihkan Motherboard Komputer"

Posting Komentar