Kelebihan dan Kekurangan Windows 7 yang Perlu Diketahui

Windows 7 merupakan sistem operasi (operating system) yang pernah populer di kalangan pengguna komputer pribadi (personal computer) dan laptop. Microsoft resmi merilisnya beberapa tahun silam.

Meskipun hasil pengembangan microsoft ini sudah lama usianya, namun tidak ada salahnya kita bahas kembali untuk mempernaharui pengetahuan dan wawasan tentang sistem opreasi yang satu ini.
Baca : Dua Sistem Operasi Komputer yang Perlu Anda Ketahui

kelebihan,kekurangan,windows 7

A.Edisi windows 7

Sistem operasi windows 7 sebenarnya memiliki 6 edisi dengan spesifikasinya masing-masing. Apa saja edisi windows 7 yang perlu anda ketahui?

1.Windows 7 Starter
Windows 7 Starter adalah edisi yang paling dasar. Versi Ini tidak termasuk theme Windows Aero, dan ditawarkan dalam 32-bit saja. Masih ditemui komputer atau laptop baru disertakan dengan Windows 7 Starter ini.

2.Home Basic
Edisi Home Basic tersedia di pasaran negara-negara berkembang, seperti Brazil, Cina, India, Meksiko, Pakistan dan Thailand. Pilihan Aero dan beberapa fitur baru lainnya tidak termasuk dalam versi ini.

3.Home Premium
Home Premium dirancang untuk pengguna pribadi dan termasuk fitur seperti Windows Media Center, Windows Aero dan Multi-touch. Kelebihan Windows 7 Home Premium adalah kesederhanaan dalam berbagi foto, video dan musik pada jaringan.

4.Professional
Windows 7 Professional dirancang untuk pengguna bisnis kecil. Ini mencakup semua fitur Windows 7 Home Premium dan juga mencakup kemampuan untuk berpartisipasi dalam sebuah domain Windows Server dan beroperasi sebagai server remote desktop.

5.Enterprise
Enterprise dirancang untuk PC bisnis dan termasuk fitur yang disebut BitLocker Drive Encryption, yang dirancang untuk membantu melindungi data terhadap kehilangan atau pencurian dan memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam bahasa mereka.

6.Ultimate
Ultimate mencakup semua fitur yang menawarkan Enterprise, tetapi dirancang untuk digunakan secara individu. Pengguna Windows 7 Profesional dapat meng-upgrade ke Windows 7 Ultimate.

B.Spesifikasi Minimal Menginstal windows 7

Untuk dapat menginstal Windows 7, ada spesifikasi minimum yang harus dimiliki komputer anda, di antaranya sebagai berikut.

1. Untuk Windows 7 32-bit
Processor dengan kecepatan 1 Ghz 32-bit
RAM minimal 1 GB
Harddisk minimal 16 GB

2. Untuk Windows 7 64-bit
Processor dengan kecepatan 1 Ghz 64-bit
RAM minimal 2 GB
Harddisk minimal 20 GB

Window 7 merupakan windows yang paling sukses yang di produksi oleh microsoft. Namun tidak lepas dari itu, windows 7 juga memiliki kekurangan dan kelebihan seperti windows lainnya.

C.Kelebihan Windows 7

a.Proses booting dan shut down lebih cepat, bahkan ada klaim bahwa nama 7 diambil dari kecepatan booting sampai windows siap hanya 7 detik.
b.Penggunaan Catu Daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan sistem service relatif lebih kecil meskipun tampilannya lebih memukau dari OS sebelumnya
c.Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
d.Tampilan dan aplikasinya lebih menarik.

D.Kekurangan Windows 7

a.Beberapa aplikasi belum support dengan Windows 7
b.Masih ada bug pada Windows Player 12
c.Ada hardware yang bisa langsung dikenali di OS sebelumnya tetapi tidak di Windows 7
d.Softwareyang sebelumnya bisa dipaksa untuk dipasang di Vista, tidak dapat dipaksa dipasang di Windows 7
d.Banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate
Demikian pembahasan seputar window 7 serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Windows 7 yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar