Tips Memilih, Merawat Serta Mengatasi Flasdisk Saat Corrupt

Tips memilih, merawat dan mengatasi flashdisk Saat Corrupt - Di zaman modern yang serba cepat ini, hampir semua orang membutuhkan penyimpanan data portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Perangkat yang sering digunakan sebagai penyimpanan cepat ini adalah flashdisk. Benda yang satu ini seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang, terutama para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantor.

Flashdisk atau USB Drive sendiri adalah sebuah perangkat penyimpanan portable yang digunakan untuk menyimpan berbagai data digital atau mentrasfernya ke piranti lain. Sebagai pengguna komputer dan internet, setidaknya Anda pasti memiliki satu flashdisk untuk menyimpan data.

tips,memilih,mengatasi,flashdisk,corrupt

Namun tahukah Anda bagaimana tips cara memilih flashdisk, tips merawatnya, atau mengatasi masalah yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada flashdisk tersebut? Nah, apabila Anda memerlukan informasi mengenai pertanyaan tersebut, berikut ini kami ulas jawabannya.

#Apa itu Flashdisk?

Pertama-tama ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu definisi dari flashdisk. Flashdisk adalah perangkat penyimpanan file atau data yang berupa NAND. Di dalam flashdisk sudah ditanamkan controller dan memory penyimpan data yang memiliki sifat non-volatile. Sehingga data tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri listrik.

Dari segi komponen, flashdisk memiliki partisi yang lebih sederhana dari penyimpanan internal Hard disk. Ini dikarenakan flashdisk tidak membutuhkan motor, piringan, atau bagian lain yang bekerja secara mekanis. Hal ini sekaligus membuat flashdisk lebih ringan dan praktis dibawa kemana saja.

#Fungsi flashdisk

Fungsi yang paling umum dari flashdisk adalah menyimpan dan memindahkan data dari satu piranti ke piranti yang lain. Namun, ternyata fungsi flashdisk bisa lebih dari sekedar memindahkan data. Anda juga bisa menggunakan flashdisk untuk menjalankan aplikasi portabel dari flash drive USB seperti openoffice. Office suite ini merupakan aplikasi yang lengkap yang memiliki fitur spreadsheet, pengolah kata, paket menggambar, hingga presentasi.

Aplikasi tersebut sedikit banyak memiliki kemiripan dengan office yang selama ini banyak kita gunakan, yakni Microsoft Office. Selain itu Anda juga bisa memutar audio, utilitas anti virus, bermain permainan sederhana, dan lain-lain dari aplikasi portabel ini.

#Tips memilih flashdisk yang baik

Saat membeli flashdisk, tentunya kita ingin mendapatkan flashdisk dengan kualitas terbaik dan tidak mudah rusak. Untuk mendapatkan flashdisk yang bagus, Anda dituntut untuk jeli dalam memilih flashdisk. Berikut ini tips memilih flashdisk yang baik dan patut dicoba.

1. Perhatikan Casing flashdisk
Mengingat komponen flashdisk sangat rentan dan rakitannya tidak terlalu kuat, maka casing flashdisk memiliki peran besar dalam melindungi setiap part di dalamnya. Untuk itu sangat penting memperhatikan casing flashdisk ketika membelinya. Pilihlah casing yang terbuat dari bahan kuat dan dipasang dengan baik. Pastikan casing tersebut kuat dan tahan goncangan.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu flashdisk terjatuh atau terbentur benda keras.

2. Merk Flashdisk
Setelah mendapatkan casing yang bagus, selanjutnya perhatikanlah merk flashdisk tersebut. Sebaiknya pilih merk yang sudah terkenal karena kualitasnya sudah terbukti bagus. Selain itu flashdisk bermerk biasanya sudah dilengkapi garansi dan juga standarisasi software.

Beberapa merk flashdisk yang sudah terbukti kualitasnya antara lain Kingston, HP, Transcend, Toshiba, Vgen, dan Adata.

3. Kecepatan transfer data
Kecepatan transfer data juga menjadi faktor penting dalam memilih flashdisk. Flashdisk yang memiliki kecepatan transfer yang rendah tentu akan sangat mengganggu. Apalagi saat kita mentrasfer file besar dan sedang dikejar waktu. Untuk itu, disarankan agar memilih flashdisk dengan rate speed transfer yang tinggi.

4. Keamanan flashdisk
Bagi Anda yang terbiasa menyimpan file-file pribadi di flashdisk, fitur keamanan tentu menjadi bahan pertimbangan utama saat memilih flashdisk. Sekarang sudah banyak flashdisk yang menyertakan security feature di dalamnya. Seperti security hardware encryption atau USB security Flashdisk Ironkey.

5. Harga
Tips memilih flashdisk yang terakhir adalah perhatikan harganya. Saat membeli flashdisk, usahakan pilih flashdisk yang memiliki harga mahal diantara flashdisk lain yang berkapasitas sama, karena flashdisk yang memiliki harga mahal umumnya memiliki kualitas tinggi dari pada flashdisk murah. Namun tetap saja Anda juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

#Cara merawat flashdisk

Layaknya manusia, flashdisk juga perlu dirawat agar tidak cepat rusak. Berikut beberapa cara merawat flashdisk yang bisa Anda lakukan.

1. Jauhkan dari barang elektronik
Barang-barang elektronik umumnya memiliki sifat magnet yang kuat. Hal ini bisa mengganggu kinerja flashdisk. Oleh karena itu simpan flashdisk di tempat yang jauh dari perangkat elektronik

2. Budayakan eject
Poin ini merupakan yang paling sering diabaikan oleh sebagian besar pengguna flashdisk. Melepaas flashdisk secara langsung (tanpa eject) dari port USB bisa sangat membahayakan data di dalamnya. Oleh karena itu biasakan mengeject dulu sebelum melepas flashdisk.

3. Scan virus
Internet bukanlah tempat yang sepenuhnya aman. Virus bisa masuk dari mana saja. Oleh sebab itu, untuk menghindari kerusakan flashdisk akibat virus, disarankan untuk melakukan scan secara berkala terhadap flashdisk.

4. Selalu tutup flashdisk
Port flashdisk sangat rentan terhadap gangguan debu. Debu yang masuk ke dalam komponen bisa merusak sistem dan akibatnya flashdisk tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu menutup flashdisk setiap selesai digunakan.

#Mengatasi Corrupt pada flashdisk

Sebagai salah satu barang elektronik, flashdisk juga bisa mengalami kerusakan seperti corrupt, error atau tidak terbaca. Nah, jika mengalami salah satu masalah tersebut, berikut ini kami berikan beberapa solusinya.

1. Gunakan Windows check disk
Cara ini hanya bisa Anda gunakan jika flashdisk masih terbaca komputer.
1.    Pertama tancapkan flashdisk lalu buka win. Eksplorer
2.    Klik kanan pada flashdisk dan pilih properties-tools-check now
3.    Centang pada kotak opsi recovery of bad sectors dan automatically fix file system errors
4.    Tunggu hingga proses selesai

2. Gunakan CMD
Cara ini bisa digunakan jika flashdisk Anda tidak terbaca, namun Anda harus merelakan seluruh datanya karena flashdisk tersebut harus diformat.
1.    Buka cmd seperti biasa
2.    Pasang flashdisk yang rusak pada port USB
3.    Kemudian ketik FORMAT H:/ FS:FAT lalu enter
Huruf H di atas mengacu pada lokasi flashdisk. Jika di komputer Anda flashdisk ada di G maka ganti huruf di atas menjadi G.

3. Gunakan computer management
Cara ini juga mengharuskan Anda untuk memformat data flashdisk
1.    Pasangkan flashdisk pada port USB
2.    Masuk ke Run lalu ketik compmgmt.msc lalu enter
3.    Klik pada storage lalu pilih Disk Management
4.    Jika flashdisk Anda berhasil dideteksi disini, langsung klik kanan, create partition lalu klik kanan lagi, dan format.

Mengingat sebagian besar cara memperbaiki flashdisk memaksa pemilik untuk melakukan format, ada baiknya Anda melakukan back up file secara berkala untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada flashdisk yang Anda miliki. Nah, Itu dia sedikit informasi seputar flashdiksk. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memilih, Merawat Serta Mengatasi Flasdisk Saat Corrupt"

Posting Komentar