Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit serta kekurangan dan Kelebihannya - Di dunia komputer, kita sering melihat sistem operasi berbasis 32-bit atau 64-bit. Begitu pula saat kita menginstall software. Sering kali software-software tersebut meminta spesifikasi minimal sistem operasi komputer harus menggunakan 32 atau 64 bit. Lantas tahu kah Anda apa yang dimaksud 32 dan 64 bit ini? Menunjukkan apa angka-angka tersebut?

Istilah 32-bit dan 64-bit adalah satuan angka yang mengacu pada kemampuan Prossesor PC atau CPU untuk menangani berbagai bit informasi yang ada di dalam komputer. Di dalam CPU, terdapat sebuah penyimpanan data sementara yang disebut Register. Register ini berfungsi untuk mempercepat proses eksekusi informasi atau data.

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut kami berikan informasi lengkap seputar sistem operasi 32-bit dan 64-bit.

perbedaan,32-bit,64-bit

Apa yang dimaksud jumlah bit?

Untuk mengawali bahasan kita tentang sistem operasi 32-bit dan 64-bit, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu jumlah bit. Jumlah bit adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan ukuran data dalam prosesor yang dialirkan dari registry database, registry sendiri adalah tempat komputer menyimpan informasi sementara.

Dalam satu 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi, yaitu angka 0 dan 1. Jadi, dalam sistem operasi 32-bit mampu menampung hingga 64 nilai komputasi. Sedangkan untuk sistem operasi 64-bit, nilai komputasi yang bisa ditampung meningkat menjadi 4 kali lebih banyak, yaitu 256.

Hubungan OS 32-bit dan 64-bit dengan sistem operasi yang sedang digunakan

Sistem operasi 32-bit dan 64-bit tentu memiliki hubungan erat dengan prosesor yang sedang dipakai oleh komputer. Saat memilih sistem operasi yang hendak digunakan, sebaiknya sesuaikan versinya dengan prosesor yang sudah tertanam pada PC anda.

Misalnya jika prosesor Anda menggunakan sistem 64 bit, maka disarankan untuk menggunakan operating sistem 64 bit pula, walaupun sebenarnya juga bisa di aplikasikan pada operating sistem 32 bit.

Namun jika prosesor Anda menggunakan sistem 32 bit, Anda tidak bisa memasang sistem operasi 64. Karena prosesor 32 bit hanya kompatibel dengan sistem operasi 32 bit.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit

Jika ditinjau dari segi penggunaan RAM (Random Access Memory), sistem operasi 32 bit hanya mampu menggunakan RAM berkapasitas maksimal 4 GB dan dapat berjalan optimal pada kisaran RAM 1 sampai 2 GB saja. Jika Anda menggunakan sistem operasi 32 bit pada RAM lebih dari 4 GB, komputer hanya akan membaca RAM sampai batas 4 GB saja.

Berbeda dengan sistem operasi 32 bit, versi 64 bit mampu menjalankan RAM berkapasitas besar. Batas maksimal RAM yang mampu dibaca sistem operasi 64 bit adalah 192 GB. Sistem ini cocok digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan komputer yang berat seperti melakukan render, membuat animasi 3D, dan juga bermain game berspesifikasi tinggi.
Perbedaan lain dari sistem operasi 32-bit dan 64-bit terletak pada pemrosesan datanya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem operasi 32 bit hanya mampu memproses data sebesar 64 nilai komputasi sedangkan sistem operasi 64 bit mampu memproses data hingga 256 nilai komputasi dalam sekali siklus pemrosesan.

Selain memiliki kapasitas pemrosesan yang lebih banyak dari sistem operasi 32 bit, versi 64 bit juga sudah dilengkapi dengan fitur patchguard. Fitur ini memiliki peran untuk mencegah malware atau virus yang mencoba mengubah setting kernel pada komputer.

Selain dari segi pemrosesan data dan batasan RAM, sistem operasi 32-bit dan 64-bit juga memiliki perbedaan pada pekerjaan yang dapat dilakukan. Seperti yang kita tahu, sistem 64 bit mampu melakukan berbagai pekerjaan berat seperti editing video, membuat animasi, dan bermain game next-gen. Sedangkan versi 32 bit hanya mampu melakukan pekerjaan standar seperti mengetik, bermain game ringan (old-gen), atau memainkan berbagai fitur multimedia pada komputer.

Kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit

Meskipun sekilas sistem operasi 64 bit memiliki banyak kelebihan dibanding versi 32 bit, namun ternyata masing-masing sistem mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Berikut kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit.

      -  Kelebihan sistem operasi 32 bit
1.    Kompatibel dengan banyak software lama dan cocok untuk pengguna PC atau laptop lawas
2.    Kompatibel untuk driver komputer lama
3.    Mampu bekerja optimal meskipun memiliki RAM hanya 2 GB

       -   Kelemahan sistem operasi 32 bit
1.    Tidak mampu menggunakan RAM lebih dari 4 GB
2.    Tidak mampu menjalankan software berat
3.    Hanya sedikit software terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi ini
4.    Tidak mampu menjalankan pekerjaan – pekerjaan berat seperti mengedit video dan membuat animasi 3 dimensi

        -  Kelebihan sistem operasi 64 bit
1.    Mampu membuat kinerja prosesor lebih cepat dan optimal
2.    Dapat menjalankan semua software yang kompatibel dengan sistem operasi 32 bit
3.    Cocok dengan semua software terbaru
4.    Lebih cepat den efisien
5.    Mampu mengerjakan pekerjaan berat seperti mengedit video, bermain game berat, sampai membuat animasi 3 dimensi

         - Kelemahan sistem operasi 64 bit
1.    Tidak kompatibel dengan berbagai software lawas yang umumnya masih banyak digunakan
2.    Tidak cocok untuk komputer lawas karena kebanyakan software dan drivernya tidak kompatibel

Cara mengetahui komputer menggunakan sistem operasi 32-bit atau 64-bit

Ada beberapa cara mengecek versi sistem operasi pada komputer. Beberapa diantaranya adalah dengan memeriksa langsung di properties windows, atau Anda juga bisa menggunakan bantuan software ketiga untuk melakukan tugas ini. Berikut cara mengecek versi sistem operasi pada komputer.

      1. Melihat informasi pada system properties
Langkah berikut ini merupakan cara yang digunakan pada Windows 7.

       -     Pertama cari ikon my computer pada windows eksplorer atau dekstop, setelah itu klik kanan
     -  Pilih properties kemudian akan tampil informasi Windows operating system yang sedang Anda gunakan
    - Lihat di bagian bawah, disitu terlihat versi Windows yang Anda gunakan, apakah menggunakan 32 atau 64 bit

     2. Dengan bantuan software
Anda juga bisa mengecek versi operating sistem windows dengan bantuan aplikasi ketiga. Software ini bernama Securable. Ukurannya sangat kecil dan bisa Anda dapatkan melalui link yang bertebaran di internet. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda tinggal menjalankannya dan pada interface pertama akan langsung ditunjukkan versi operating system yang sedang Anda gunakan. Apakah itu 32 atau 64 bit.

Amat penting mengetahui versi operating system yang Anda gunakan karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kinerja prosesor dan konsumsi RAM.
Simak juga: Definisi, Fungsi dan Jenis Ram
Nah, itu dia sedikit informasi tentang sistem 32-bit dan 64-bit. Apakah Anda sudah menentukan akan menggunakan sistem yang mana? Apa pun pilihan Anda pastikan sistem tersebut kompatibel dan mampu mengoptimalkan kinerja komputer anda.

0 Response to "Perbedaan 32-Bit dan 64-Bit Serta Kekurangan dan Kelebihannya"

Posting Komentar