Lakukan Upgrade Berikut Ini Agar Komputer Bisa Memainkan Games Berat Bergrafis Tinggi

Lakukan upgrade berikut ini agar komputer bisa memainkan games berat bergrafis tinggi - Memainkan game dengan grafis yang tinggi tentunya tidak bisa di lakukan oleh sembarang komputer atau PC. 

Karena butuh spesifikasi hardware yang mumpuni untuk bisa melakukan hal tersebut. Jadi, buat anda yang ingin memainkan game berat, di komputer yang spesifikasi hardwarenya pas-pasan, maka jalan satu-satunya harus melakukan upgrade.

Upgrade merupakan suatu cara yang digunakan untuk memperbaharui suatu hardware baik itu dilakukan dalam bentuk mengganti atau menambah, dengan satu tujuan sama, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan performa komputer tersebut menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.

#Sebelum Melakukan Upgrade Perhatikan Hal Berikut

Untuk kebutuhan gaming, proses upgrade pada komputer baru bisa dilakukan apabila komputer tersebut mempunyai socket AM3 bagi AMD serta socket Intel LGA 775. Oleh sebab itu, komputer yang harus Anda gunakan minimal harus menggunakan Intel Pentium 5 atau AM3 AMD agar proses upgrade dapat dilakukan.


upgrade komputer,grafis tinggi, memainkan games

Alasan mengapa komputer Anda harus menggunakan Intel Pentium 5 atau AM3 AMD, karena jenis tersebut yang mampu, sedangkan jenis komputer yang hanya menggunakan Intel Pentium 4 dan dibawahnya atau AM2 AMD ke bawah tidak kuat untuk menjalankan games dengan grafis tinggi dan juga program yang memiliki kapasitas sangat besar.
Baca :Ingin Merakit Komputer Multimedia dengan Grafis Tinggi? Ini yang harus Anda Persiapkan

Sebelum melakukan proses upgrade, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini :

     ·         Sebelum melakukan proses upgrade lebih baik mengecek lebih dulu jenis processor yang digunakan oleh PC atau komputer Anda. Jika Komuter atau PC Anda masih menggunakan jenis Intel Pentium 4 atau AM2 untuk AMD ke bawah, maka lebih baik diganti lebih dulu. Sebab, jenis sistem yang digunakan atau lebih sering disebut System Requirement Game Watch Dog 2014 kompatibel dengan jenis Intel Quad Core beserta AMD 6 Core. Dibawah jenis itu, sistem tersebut sudah tidak kompatibel.

     ·         Bagi komputer atau PC yang sudah menggunakan processor jenis core i3,i5 atau i7 maka proses upgrade akan lebih mudah dilakukan.

     ·         Komputer atau PC yang masih menggunakan sistem AMD socket AM3 tidak ada masalah, karena ada socket jenis AM3 tersebut terdapat beragam jenis processor dengan seri-seri yang berbeda dan berkecepatan tinggi. Socket jenis AM3 terkenal memiliki jenis processor AMD yang sangat cepat.

    ·         Komputer atau PC yang masih menggunakan motherboard jenis LGA 775 tetap masih dapat diupgrade, setidaknya dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Motherboard jenis LGA 775 dikenal masih mempunyai processor yang memiliki kecepatan tinggi yang nyaris setara dengan Core i5 yang merupakan Intel seri Core 2 Quad dengan emat inti Core yang membuat kecepatannya jelas lebih unggul dari Core seri i3.

#Hardware yang Harus Diupgrade Agar Lancar Memainkan Games Berat

Games yang memiliki kapasitas besar dengan jenis sistem tertentu harus komptibel dengan sebuah sistem pada komputer atau PC tersebut agar bisa dimainkan. Sistem komputer yang baik didukung oleh jenis hardware yang baik pula. Oleh sebab itu proses upgrade sangat penting untuk dilakukan pada suatu hardware. Untuk memainkan games berat pada komputer atau PC Anda, maka akan jauh lebih baik jika Anda melakukan proses upgrade pada beberapa hardware berikut, yaitu :

A.   Power Supply (PSU)
Penting bagi Anda untuk melakukan proses upgrade pada power supply, karena seperti yang diketahui bahwa daya yang harus dimiliki sebuah power supply haruslah disesuaikan dengan jenis kebutuhan yang digunakan. Misalnya saja power supply yang digunakan gamer atau multimedia dengan rincian sebagai berikut :

·         VGA = 250 watt
·         Motherboard = 40 watt
·         RAM = 20 watt
·         Processor =100 watt
·         Kipas = 40 watt
·         Optical Drive = 20 watt
·         Hardisk = 40 watt

Berdasarkan penguraian di atas, maka seluruh total daya yang digunakan adalah 510 watt. Secara otomatis, power supply yang harus Anda gunakan harus memiliki daya yang lebih dari 510 watt agar dapat mencukup kebutuhan dari gamer atau multimedia.

B.   Harddisk
Komputer atau PC yang digunakan untuk bermain games jenis berat maka paling tidak harus memiliki harddisk yang kapasitasnya harus lebih dari 32 Gb–64 Gb. Suatu games jenis berat biasanya memerlukan ruang kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Katakanlah misalkan sebuah games tersebut memiliki kapasitas sebesar 16 Gb sementara kapasitas maksimum harddisk Anda hanya 64 Gb, tentu hal ini akan sangat tidak efektif karena akan mengganggu sistem kecepatan transmisi data.

Bahkan motherboard jenis LGA 775 juga tak bisa untuk digunakan, paling tidak jenis motherboard yang harus Anda gunakan yaitu jenis LGA 1150 ke atas serta AM3 AMD yang sudah harus memiliki fitur SATA 6 Gb/s dan uang yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan jenis AM3 AMD yang sudah memiliki fitur SATA 6 Gb/s yaitu sekitar enam ratus ribu ke atas.
C.   Random Access Memory (RAM)
Pengupgrade-an RAM lebih dilakukan setidaknya minimal kapasitasnya 4 Gb. Jenis motherboard LGA 775 dengan memori DDR2 dibandingkan dengan jenis motherboard LGA 1155 ke atas dan AM3 yang memorinya sudah menggunakan teknologi interface DDR3, tentu saja akan sangat jauh ketinggalan. Letak perbedaannya ada pada tingkat kecepatan, perfomanya dan juga harga.

Untuk tingkat kecepatan, tentu sudah sangat jelas yang berteknologikan interface DDR3 pasti akan jauh lebih cepat jika dibandingkan yang masih menggunakan memori DDR2. Sedangkan untuk tingkat performanya, tentu saja dapat dilihat saat games tersebut dijalankan, pasti perbedaannya akan sangat lebih terasa antara memori DDR2 dengan memori yang sudah berteknologikan interface DDR3. Namun jika berbicara soal harga, Anda pasti tidak menyangka memori DDR3 harganya lebih ekonomis ketimbang memori DDR2.
D.   Graphic Card (VGA)
Komputer atau PC yang digunakan untuk bermain games berat sebaiknya tidak menggunakan VGA jenis on-board karena VGA jenis on-board tidak dapat digunakan untuk menjalan games tersebut terkecuali jika processor yang Anda gunakan adalah seri AMD APU. Selain itu, apabila seri VGA Anda masih rendah yaitu 500 Mb sampai 1 Gb DDR3 juga tidak dapat digunakan dan sebaiknya diganti dengan VGA yang serinya tinggi. Jenis VGA yang lebih baik Anda gunakan adalah Nvidia tipe GTX 550 1 Gb 192 bit serta ATI tipe HD 7770 1 GB 128 bit, dimana jenis VGA tersebut memiliki fitur teknologi yang terbarukan yaitu Phisyx, Cuda Core, 3D, Vision, GDDR5 dan lain sebagainya.
E.   Processor
Processor yang terdapat pada jenis motherboard LGA 775 akan jauh lebih baik jika di-upgrade ke jenis processor Intel Core 2 Quad Q8300 4 Core x 2,5 Ghz. Sedangkan untuk jenis motherboard LGA 1155 ke atas, maka akan jauh lebih baik untuk melakukan pengupgrade-an processor  seri Core i5 3330 4 Core x 3,0 Ghz dan untuk seri AMD, lebih baik menggunakan AMD tipe Phenom II X2 555 3,2 Ghz. Setelah melakukan pengupgrade-an pada processor Anda maka program games dapat dijalankan.

Nah itu dia diatas ulasan mengenai pentingnya mengupgrade PC atau komputer anda agar bisa memainkan game berat, atau agar kwalitasnya setara dengan komputer gaming.

0 Response to "Lakukan Upgrade Berikut Ini Agar Komputer Bisa Memainkan Games Berat Bergrafis Tinggi"

Posting Komentar