Inilah Alasan Kenapa Hacker lebih Menyukai OS Linux daripada OS lain

Inilah alasan kenapa hacker lebih menyukai OS linux daripada OS lain - Secara singkat, seorang hacker pada dasarnya adalah seseorang yang memiliki kemampuan menerobos masuk ke dalam suatu jaringan komputer (atau sistem komputer pribadi). Tujuannya boleh jadi untuk membuktikan diri, atau pula demi keuntungan pribadi. Karena sifat-sifat aktivitasnya tersebut, hacker pastinya ingin suatu sistem operasi yang memberikan keamanan maksimum bagi dirinya pada saat menguji keterampilannya. Sistem operasi Linux umumnya adalah yang mereka pakai.

Linux adalah sistem operasi komputer bersifat open source  yang merupakan turunan dari  sistem operasi Unix. Saat ini Linux terus berkembang dari waktu ke waktu. Dan karena sistem operasi Linux memiliki banyak manfaat lebih dari berbagai sistem operasi lain, para hacker suka menggunakannya. Memang sistem-sistem operasi semacam Window dan Mac lebih user-friendly, namun Linux memiliki fitur-fitur khusus yang membuatnya lebih mendominasi daripada yang lain. Maka tidak heran jika para hacker suka memilih Linux sebagai basis operasi mereka.

hacker,os linux

11 Alasan Hacker lebih Menyukai Linux
Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa hacker lebih memilih Linux lebih Os lain

·         Open Source
Linux memungkinkan Anda memodifikasi source code (kode sumber) didalamnya untuk kepentingan programing apapun yang Anda inginkan. Hal ini bisa dimungkinkan karena Linux bersifat open source (sumber kode utamanya bersifat bisa dimofikasi secara bebas). Lebih jauh lagi, hampir semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi ini juga bersifat open source sehingga membuatnya semakin menguntungkan.

·         Fleksibilitas
Bagi hacker, fitur paling penting dari Linux adalah bahwa sistem operasi ini bisa digunakan untuk server, aplikasi desktop, atau bisa pula untuk embedded system juga.

·         Murah
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Linux merupakan sistem operasi open source dan karena itu tersedia secara bebas di internet. Begitu pula dengan aplikasi yang berjalan di atasnya, semuanya umumnya gratis.

·         Cepat, Mudah Instal, dan tak perlu driver
Saat ini setiap sistem operasi Linux telah memiliki cara instal dan setup yang sangat user-friendly alias ramah dengan penggunanya. Selain itu, Linux juga hadir dengan tools yang memungkinkan instalasi software tambahan juga menjadi sangat mudah. Lebih jauh lagi, waktu booting Linux ini lebih cepat daripada beberapa sistem operasi lainnya. Selain itu Linux juga tak perlu driver secara terpisah, semuanya sudah menjadi satu dalam kernel Linux saat instalasi.

·         Kompatibilitas
Seorang hacker memerlukan suatu sistem operasi yang sangat compatibilitasnya; artinya, dia memerlukan suatu sistem yang bisa menerima berbagai software. Nah, sistem operasi Linux mendukung semua paket software Unix dan dapat mendukung semua format file umum di dalamnya.

·         Stabilitas
Ini hanya Linux yang tidak perlu reboot berkala untuk mempertahankan kinerja levelsand juga tidak membeku atau memperlambat waktu ke waktu karena kebocoran memori dan hal-hal seperti itu. Anda dapat dengan mudah menggunakan sistem operasi ini selama bertahun-tahun.

·         Multitasking
Linux dibangun sebagai sistem operasi yang bisa melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Jika saat menggunakan sistem operasi lain Anda melakukan beberapa pekerjaan sekaligus bersamaan (multitasking) maka komputer akan melambat kinerjanya; lain halnya dengan Linux. Dengan Linux, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan berbarengan tanpa harus mengganggu kinerja pekerjaan lain apapun –satu sifat idaman bagi seorang hacker.

·         Ramah Jaringan
Linux merupakan sistem operasi open source yang pengembangannya sebagian besar melalui jaringan internet, oleh karena itu sistem ini sangat akrab dan efektif bekerja melalui jaringan. Selain itu, Linux juga menyediakan banyak Libraries dan commands yang bisa digunakan untuk menguji penetrasi jaringan. Lebih jauh lagi, Linux lebih bisa diandalkan dan bisa membuat backup jaringan lebih cepat daripada sistem operasi yang lain.

·         Lebih Aman dan privat
Saat ini, kecuali Linux, hampir semua sistem operasi yang tersedia memiliki banyak Kerentanan terkait keamanan (terhadap serangan virus atau lainnya) di dalamnya. Hingga saat ini Linux adalah OS yang paling aman karena memiliki tingkat keamanan sistem yang lebih tinggi. Selain itu Linux juga memberi tingkat privasi yang sangat tinggi.

·         Sebagian besar tools untuk Hacking diprogram untuk Linux
Hacking tools populer seperti Metasploit dan Nmap porting untuk Windows. Namun, tidak semua kemampuan transfer dari Linux. Linux memiliki beberapa alat yang lebih baik dan juga mengelola memori dalam cara yang jauh lebih baik.

·         Mendukung banyak Bahasa Pemrograman
Linux adalah sistem operasi yang paling banyak mendukung bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman semacam C / C ++, PHP, Java, Python, Ruby, Perl dan banyak lagi yang lain bisa berfungsi sempurna di Linux. Lebih lagi Linux membuat proses scripting dalam bahasa scripting apapun menjadi sederhana dan efektif. Selain itu, Sebagian besar tools untuk Hacking diprogram untuk Linux

Nah diatas adalah beberapa alasan kenapa sistem operasi Linux lebih disukai hacker daripada sistem-sistem operasi lainnya. Dan sebenarnya memang benar hal tersebut, menurut dari para pecinta linux ada banyak hal, kenapa OS ini dikatakan lebih menguntungkan dari pada windows. Berikut ulasannya.

Berbagai Kelebihan Linux daripada Windows
·         Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli Linux OS, tidak seperti windows original yang harganya sangat mahal

·         Tidak perlu takut akan terkenai Sweeping dari pihak kepolisian, karena OS linux memang free alias gratis, tidak seperti windows.

·         Yang menggembirakan lagi, para pengguna OS linux tidak perlu melakukan defragment pada koputernya, seperti layaknya pengguna windows

·         Seperti yang orang banyak ketahui, jika linux lebih aman dari virus dan berbagai kejahatan internet lainnya, tidak seperti windows yang sangat rentan oleh virus. Bahkan walaupun menggunakan anti virus pun terkadang virus masih bisa menyerang OS windows.

·         Seperti yang kita ketahui,komunitas linux ialah kumpulan orang yang berlimpah dengan keinginan agar bisa saling membantu satu sama lain dalam memecahkan masalah apapun serta berbagi tips dan ide untuk hal-hal yang kreativitas.

·         Pada pengguna Linux, sangat jarang sekali di temui terjadi crash tanpa alasan pada komputernya, berbeda dengan windows yang kadang-kadang tanpa sebab bisa terjadi crash.

·         Seperti yang kita ketahui, pada komputer para pengguna sistem operasi Windows saat selesai mengupdate Antivirus dan menginstal suatu software, biasanya sistem akan meminta untuk restart atau reboot bahkan terkadang ada yang langsung restart sendiri secara otomatis. Dan kabar baiknya buat anda pengguna Linux , hal-hal tersebuut tidak perlu terjadi, komputer tidak akan meminta reboot dengan sendirinya walaupun baru saja menginstal suatu aplikasi.

·         Buat para pengguna linux, masih ada satu keunggulan lagi yang anda miliki. Pengguna bisa memiliki hak untuk mengubah pa saja yang ada dalam sistem jika memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni  
Simak juga: Kekurangan dan Kelebihan Window 10, Berikut Cara Memaksimalkan Kinerjanya
Sebenarnya masih ada banyak lagi, keuntungan menggunakan OS linux ini yang tidak tercantum di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat buat pembaca semua.

0 Response to "Inilah Alasan Kenapa Hacker lebih Menyukai OS Linux daripada OS lain"

Posting Komentar