Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows yang Sebaiknya Anda Tahu

Kelebihan dan Kekurangan microsoft windows yang sebaiknya anda tahu - Micorsoft Windows merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer dan paling banyak penggunanya di dunia untuk saat ini. Karena berbagai kemudahan pengoperasian serta kelengkapan fiturnya, membuat operating sistem ini begitu di minati dan seakan sudah menjadi operating sistem wajib buat setiap komputer.

Dominasi penggunaan operating sistem ini bukan hanya menyasar kalangan tertentu saja, melainkan hampir semua kalangan dari berbagai element, entah pengguna dari dunia pendidikan, dunia bisnis, bahkan komputer di instansi-instansi pemerintahanpun menggunakan operating sistem ini.

A.Kelebihan dari Microsoft Windows

Salah satu kelebihan yang membuat banyak pengguna lebih memilih menggunakan Microsoft Windows karena sangat mudah untuk digunakan. Namun terlepas dari kemudahan cara menggunakannya, Micrsoft Windows tentu juga punya kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat sistem operasi ini masih dapat terus eksis sampai sekarang. Apa sajakah kelebihannya?

kelebihan,kekurangan,microsoft windows

1.Support oleh beragam jenis dari hardware jaringan komputer
Kelebihan yang satu ini menjadi sebuah alasan mengapa Microsoft Windows sangat digemari oleh para pengguna. Kecocokan Microsoft Windows pada berbagai jenis dari hardware jaringan komputer membuat banyak pengguna bisa lebih leluasa menggunakan Microsoft Windows meskipun jenis-jenis jaringan komputer yang digunakan berbeda-beda.

2.Dukungan dari para programmer IT dunia
Dukungan yang berasal dari developer (pengembang) merupakan kelebihan lainnya dari Microsoft Windows. Tak heran jika tak sedikit programmer banyak yang memahami jenis sistem operasi yang satu ini. Hal tersebut membuat Microsoft Windows lebih mudah untuk dikembangkan dan diperbaiki saat terjadi error pada sistem operasi ini karena ada banyak programmer yang memahami Microsoft Windows sampai ke akar-akarnya. Berbeda dengan sistem operasi lainnya yang lebih cenderung susah untuk dipahami dan digunakan sebagai superuser.

3.Sangat kompatibel dengan aplikasi Office
Kelebihan yang satu ini merupakan alasan terkuat Microsoft Windows sangat banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Aplikasi Office yang memiliki banyak pilihan juga membuat para pengguna yang menggunakan sistem operasi Mac OS juga menginstall aplikasi Office kepunyaan Microsoft Windows. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan office yang dimiliki oleh Microsoft Windows sangat baik dan juga memiliki kebermanfaatan lebih bagi para penggunanya. Maka dari itu, banyak perusahaan dan institusi yang menggunakan aplikasi Microsoft Office meskipun harganya mahal.

4.Support dengan banyak sistem partisi
Ada banyak jenis sistem partisi yang support dengan Microsoft Windows, di antaranya exFat, FAT 32, NTFS dan lain sebagainya. Hal tersebut memungkinkan pengguna menggunakan lebih banyak lagi sistem partisi yang ada di pasaran untuk dipakai di dalam Microsoft Windows.

5.Adanya fitur troubleshooting yang sangat membantu
Fitur troubleshooting yang dimiliki oleh Microsoft Windows bisa Anda gunakan untuk mencari suatu inti permasalahan yang terjadi saat Anda sedang menjalankan suatu aplikasi. Fitur troubleshooting menjadi salah satu keunggulan dari Microsoft Windows. Kelebihan yang dimiliki oleh fitur ini yaitu membantu dalam mencarikan versi driver terbaru yang dilakukan secara online, membantu dalam melakukan repair yang mengalami corrupt, serta membantu dalam melakukan suatu pengecekkan pada kompatibilitas dari sebuah aplikasi dan masih banyak lagi.

6.Banyaknya Pilihan Aplikasi
Banyaknya pilihan aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Windows membuat penggunanya tidak perlu pusing dalam memilih sebuah aplikasi. Ada banyak aplikasi yang sangat kompatibel dengan sistem operasi ini dimulai dari sebuah aplikasi dasar seperti pemutar lagu sampai aplikasi superuser yang dapat digunakan untuk pembuatan sebuah program yang tersedia pada platform sistem operasi Microsoft Windows. Oleh sebab itu, aplikasi ini memiliki banyak pengguna karena kekompatibelannya dengan beragam jenis aplikasi baik itu gratis atau pun berbayar.

7.Sistem dan interface-nya sangat user friendly (mudah digunakan)
Sistem dan interface-nya yang sangat user friendly menjadikan Microsoft Windows sebagai sebuah sistem operasi yang mudah dioperasikan oleh banyak pengguna. Dukungan berupa fitur-fitur yang dapat mempermudah pengguna untuk memakai sebuah komputer, berbagai macam jenis tools yang dapat digunakan untuk memecahkan banyak permasalahan yang terdapat dalam Microsoft Windows. Oleh sebab itu, kelebihan-kelebihan tersebut membuat Microsoft Windows lebih dikenal banyak masyarakat luas.

B.Kekurangan dari Microsoft Windows

Di balik segala keungulannya, tentu saja pasti ada sedikit kelemahan dari microsoft windows ini. Karena bagaimanapun juga, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan atau kelemahan dari microsoft windows.

1.    Memerlukan RAM yang cukup besar
Seorang pengguna yang ingin menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, komputer atau laptopnya harus memiliki kapasitas penyimpanan RAM yang besar. Mengapa? Alasannya karena sistem operasi Microsoft Windows memakan banyak ruang penyimpanan di dalam RAM, maka dari itu RAM yang dimiliki oleh komputer atau laptop Anda harus memiliki kapasitas yang besar.

2.    Pacth di sana-sini
Servis pack merupakan sebuah teknik “tambal sulam” pada Microsoft yang sifatnya cukup mengganggu. Pengguna yang kelewatan atau lupa mengunduh dan menginstallnya maka pada sistem operasinya tersebut akan rentan terhadap hal-hal buruk, misalnya dari sisi keamanan atau lainnya.

3.    Proses update yang terlalu cepat
Kekurangan yang satu ini bisa jadi sangat menguntungkan sekaligus merugikan. Mulai dari Windows xp sampai Windows 10, proses pengupdate-annya dilakukan dengan sangat cepat. Mungkin akan sangat menguntungkan apabila software yang dimiliki oleh seorang pengguna cocok dengan perkembangan sistem operasi Windows, tetapi jika sebaliknya? Tentu saja jawabannya akan sangat merugikan bagi pengguna. Oleh sebab itu, bagi pengguna Microsoft Windows maka akan sangat penting untuk bisa mengikuti perkembangannya agar tidak tertinggal terlalu jauh.

4.    Sistem keamanannya kurang baik
Kekurangan lainnya dari Microsoft Windows adalah sistem keamanan yang belum dibuat dengan baik. hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya hacker yang masih mampu membuat sistem operasi Microsoft Windows versi tiruannya menggunakan crack. Wajar, jika Microsoft Windows belum terbebas dari yang namanya suatu pembajakan yang akibatnya membuat komputer pengguna sering hang dan mengalami banyak masalah karena masih banyaknya sistem operasi Micrsoft Windows versi tiruan yang beredar di dunia maya.

5.    Rentan terhadap virus
Selain sistem keamanannya yang mudah untuk dibajak, sistem operasi Microsoft Windows juga sangat rentan terhadap virus. Perkembangan virus yang terus meningkat dan lebih banyak bermuncul pada sistem operasi ini mengakibatkan kenyamanan dari para penggunanya menjadi sangat terganggu. Oleh sebab itu, pengguna yang menggunakan Microsoft Windows harus memiliki antivirus yang sangat baik.

6.    Memiliki harga yang cukup mahal untuk versi basic dan home
Sistem operasi Microsoft Windows basic version dan home version memiliki harga jual yang cukup mahal. Apalagi untuk versi tertinggi dari sistem operasi ini, harga jualnya sudah menyentuh nilai jutaan. Memiliki lisensi dengan harga yang cukup mahal membuat terjadinya aksi pembajakan sistem operasi ini di seluruh penjuru dunia. Alasannya karena tak semua pengguna memiliki dana yang cukup untuk menebus harga lisensinya.
Itulah tadi sedikit pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows. Apapun bentuk kelebihan dan kekurangannya merupakan suatu kewajaran dan sebagai pengguna, semua pilihan ada di tangan Anda.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows yang Sebaiknya Anda Tahu"

Posting Komentar