Jenis-jenis Hacker dan Tehniknya

Jenis-jenis hacker dan tekniknya - Hacker merupakan otak dari kegiatan yang bersifat hacking. Sedangkan hacking adalah kompetensi dasar yang sifatnya bisa dipelajari secara personal atau otodidak. Seorang hacker biasanya identik dengan “hal” yang tidak baik, karena seorang hacker selalu berkaitan dengan peretasan sistem keamanan suatu jaringan baik itu yang dimiliki oleh suatu perusahaan, komunitas maupun perseorang.

Dalam melancarkan ekspansinya pada suatu jaringan atau sistem suatu program, seorang hacker memiliki berbagai macam cara dalam melancarkan kegiatannya tersebut.

#Teknik Peng-Hacker-an

A. Social Engineering
Media social memang selalu menjadi sasaran empuk para hacker. Meskipun bukan masuk dalam teknik peng-hacking-an akan tetapi social engineering sangat memiliki peran penting sebagai perangkap dari hacker untuk para pengguna. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana yang paling mudah dalam penyebaran sebuah virus komputer.

jenis hacker,teknik hacker

B. Distributed Denial of Service (ddos)
Teknik yang satu merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membuat suatu jaringan atau sistem pada suatu server tidak dapat diakses kembali. Prinsip kerja teknik ddos dilakukan dengan cara memberikan jumlah paket data secara tidak terbatas kepada server. Hingga akhirnya membuat server tersebut tak lagi mampu menerimanya lalu mengalami yang namanya down system. Untuk mempermudah teknik ini, hacker biasanya bekerja secara berkoloni dan apabila server tersebut sudah mengalami dawn maka akibatnya adalah server tersebut tak bisa diakses kembali.

C. Phising technique
Teknik yang satu ini merupakan teknik yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapat suatu email dan password suatu akun dari social. Cara yang dilakukan oleh para hacker yaitu dengan membuat suatu replika halaman yang sengaja diciptakan untuk mengatahui email dan password suatu akun media social, seperti facebook, twitter dan lain-lain.

D. Bruteforce technique or WP bruteforce
Teknik yang satu ini biasa dilakukan para hacker pada website yang berasal dari wordpress. Prinsip kerja teknik yang satu ini dilakukan dengan cara “manual”. Mengapa? Sebab teknik yang satu ini dilakukan dengan cara main tebak suatu password beserta usernya yang berasal dari sebuah website. Teknik WP bruteforce dibuat atas dua program, dimana program pertama merupakan “sang eksekutor” dan program yang lainnya merupakan suatu list keyword yang digunakan untuk menebak-nebak user name beserta passwordnya. Listnya bisa didapat dari google.

E. Defice technique
Teknik defice ini merupakan teknik yang biasanya dilakukan oleh sang Hacker setelah berhasik meretas sebuah website. Teknik dilakukan dengan sengaja untuk meninggalkan “jejak” peretasan pada website yang telah diretas dengan cara menukar tampilan halaman yang telah didesign hacker tersebut. Zone-H merupakan tempat khusus bagi hacker untuk menunjukkan hasil dari defacingnya.

F. SQL Injection
Teknik yang satu dilakukan dengan cara memanfaatkan suatu keeroran pada website tersebut. Teknik SQL merupakan teknik yang sifatnya sangat mudah dan sederhana yang dilakukan oleh para hacker. Teknik ini memanfaatkan google dork untuk mencari suatu website yang sifatnya mudah untuk diretas.

#Jenis-jenis Hacker

Tidak hanya memiliki teknik-teknik untuk meretas saja, hacker juga terbagi dalam beberapa jenis. Berdasarkan macam-macam aktivitasnya, maka hacker dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

 A. Grey Hat Hacker
Jenis hacker ini merupakan jenis hacker yang sifatnya berada di antara white hat hacker dan black hat hacker. Hacker yang satu ini tidak memiliki ketetapan dalam memegang prinsipnya. Oleh sebab itu, jenis hacker yang satu ini biasanya memegang standar etika yang sifatnya ganda pada setiap kegiatan hacking-nya. Jadi, bisa dalam beberapa saat hacker ini memegang teguh prinsip hacker namun pada keadaan yang lain hacker yang satu ini dapat melanggar batas-batas hukum yang telah ditetapkan.

B. Script Kiddie Hacker
Hacker ini merupakan jenis hacker yang tidak begitu menguasai mengenai sistem komputer. Namun bukan berarti hacker ini tidak dapat menembus suatu sistem komputer, hacker jenis ini masih dapat menembus sistem komputer dengan cara memanfaat software buatan orang lain.

C. Hacktivist Hacker
Kemampuan jenis hacker ini digunaka untuk menebar pesan-pesan yang sifatnya bersinggungan dengan politik, ideology beserta agama. Biasanya jenis hacker ini melakukan teknik deface pada setiap website yang berhasil mereka retas yang tujuannya digunakan untuk menampilkan pesan-pesan tersebut pada website yang menjadi korban retasan hacker.

D. Black Hat Hacker
Hacker ini merupakan tipe hacker yang kegiatan hackingnya dilakukan untuk menembus sistem keamanan suatu sistem dengan tujuan utamanya adalah melakukan kerusakan. Mulai dari pencurian identitas, menghapus file dan berbagai jenis kerusakan lain yang pada intinya sifatnya sangat merugikan. Jenis hacker ini biasa disebut cracker.

E. White Hat Hacker
Hacker ini merupakan hacker yang sangat teguh pada setiap prinsip standar etika yang sudah ditetapkan. Dalam arti, setiap aktivitas hacking yang dilakukan sifatnya tidak boleh merugikan pihak lain. Lalu untuk apa hacker tersebut melakukan aktivitas hacker? Tujuan tipe hacker ini dalam setiap kegiatan hacking yang dilakukannya sifatnya untuk uji ketahanan suatu sistem atau server. Oleh sebab itu, tipe hacker ini selalu suka mempelajari tentang suatu sistem dan kebanyak hacker tipe ini berprofesi sebagai konsultan keamanan suatu server atau website.

Setelah membaca pemaparan di atas, mungkin sudah terbesit dalam benak Anda untuk menjadi seorang Hacker. Tenang saja, berikut in merupakan tips untuk menjadi seorang Hacker.

#Tips Belajar menjadi Hacker

Buat anda yang punya mimpi menjadi seorang hacker, berikut ini tips untuk belajar menjadi hacker berdasarkan pengalaman yang di tulis oleh salah seorang hacker dunia, yang peringkatnya berada dalam  top 6 hacker in the world.

a.    Memiliki pemikiran seorang Hacker
Seorang yang disebut hacker biasanya selalu senang memikirkan suatu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan selalu berusaha menciptakan sesuatu yang sifatnya fresh ordinary. Hacker sangat suka pada kebebasan, mereka menjunjung tinggi serta menghargai yang namanya kebebasan dan tidak lupa menolong dengan senang hati. Prinsip ini yang harus dimiliki oleh seorang hacker. Hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa budaya yang selalu dijunjung tinggi oleh para hacker adalah suatu pengakuan. Siapapun takkan pernah dikatakan hacker tanpa membuktikan dirinya di hadapan hacker lainnya. Oleh sebab itu dibutuhkannya usaha, kontribusi bagi komunitas dan kerja keras.

b.    Belajar Pemrograman
Salah satu kemampuan yang paling penting seorang hacker adalah memahami dengan baik suatu pemrograman. Oleh karenanya sangat penting bagi seorang hacker untuk terus belajar dan berlatih dalam menulis program. Sebab, dengan mengetahui berbagai jenis bahasa pemrograman maka secara tidak langsung akan mengajarkan Anda untuk memandang sebuah masalah hanya dari satu sisi saja.

c.    Mulai mempelajari Linux
Untuk menjadi seorang hacker maka Anda harus mulai terbiasa dengan Linux. Untuk terbiasa menggunakan linux, itu artinya Anda harus menggunakannya setiap hari. Maka dari itu, mulailah ganti sistem operasi Anda menjadi Linux. Sebab sistem operasi lainnya seperti Mac OS da Microsoft Windows merupakan sebuah sistem operasi yang tertutup.

d.    Belajar HTML
Bahasa HTML merupakan surga dunianya para hacker. Sudah banyak peristiwa yang menjadi sejarah akibat dari HTML. Apabila Anda ingin menjadi seorang hacker maka sangat penting untuk mulai mempelajari bahasa HTML yang digunakan untuk membangun suatu website yang dibuat menggunakan kode-kode dari bahasa HTML.
Baca juga: Mengatasi Wifi Lemot dan Cara Mengamankan Jaringan Wifi
Nah itu dia informasi mengenai hacker, jenis-jenisnya dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis-jenis Hacker dan Tehniknya"

Posting Komentar