Jenis-jenis, Fungsi Serta Tips Memilih VGA

Jenis-jenis, fungsi serta tips memilih vga - Video Graphics Accelerator adalah suatu hardware yang memiliki kemampuan dalam melakukan pemrosesan (randering) dengan output visual yang akan ditampilkan di layar monitor. VGA (Video Graphics Accelarator)  masih digunakan pada pocket PC dan juga masih memiliki peran penting dalam perakitan suatu komputer yang dibuat untuk bermain games. VGA masih digunakan karena device yang satu ini berperan penting dalam mendukung tampilan visual di layar monitor.

A. Jenis-jenis VGA

Jenis-jenis VGA dapat dilihat berdasarkan memori yang dipakai, bentuknya dan terakhir slot yang digunakan untuk memasang VGA pada komputer.
·         Jenis VGA berdasarkan Memori yang Dipakai
Jenis VGA berdasarkan memori yang dipakai terbagi atas lima jenis, yaitu :
1.    RAMBUS
VGA jenis ini biasanya digunakan pada console game yang contohnya seperti Sega dan Nitendo. Kartu Grafis jenis RAMBUS hanya berjumlah sedikit di pasaran.
2.    SGRAM (Synchronous Graphics RAM)
Kecepatan dari Kartu Grafis yang berbasis pada SGRAM yaitu tidak lebih dari 10 ns. Perkembangan dari SGRAM didasarkan kepada suatu memori pada komputer. Biasanya jenis Kartu Grafis ini menggunakan VGA kelas tinggi dengan kemampuan 3D Accelator.
3.    VRAM (Video RAM)
Kartu Grafis jenis ini lebih banyak digunakan pada komputer level tinggi. Jadi, secara otomatis jenis VGA yang digunakan juga harus sikron dengan komputer tersebut. Oleh karena itu, Kartu Grafis jenis VRAM memiliki harga yang relatif lebih mahal dari DRAM karena tingkat kecepatan yang dimiliki berkisar 20 ns hingga 10 ns.
4.    EDO RAM
Kartu Grafis jenis EDO RAM sangat banyak ditemui pada jenis VGA 64 bit. Kecepatannya pun mencapai 60 ns hingga 30 ns.
5.    DRAM (Dynamic RAM)
Kartu Grafis jenis DRAM sangat banyak ditemui ada VGA jenis 8, 16 sampai 32 bit. DRAM lebih banyak digunakan pada komputer yang entry level- nya memiliki kecepatan tinggi saat melakukan randering grafis dan tidak membutuhkan banyak warna. Kecepatan dari DRAM yaiu 80 ns hingga 70 ns.
jenis,fungsi,tips memilih,vga

·         Jenis VGA berdasarkan bentuknya
Jenis VGA berdasarkan bentuknya terbagi atas dua jenis, yaitu :
1.    VGA Add-On
Jenis VGA ini lebih sering disebut sebagai VGA Card karena merupakan suatu perangkat keras yang lebih sering dipasang pada slot Kartu Grafis di motherboard dengan rangkaian terpisah. Jenis VGA ini sangat pas digunakan dalam pemrosesan grafis yang high level seperti membuat design grafis, mengedit film serta bermain game 3D. Tetapi apabila jenis VGA add-ON akan digunakan lebih baik dicek lebih dulu kemampuan atau tingkat performance dari jenis VGA add-on.
2.    VGA On-Board
VGA jenis on-board merupakan jenis VGA yang rangkaiannya sudah sepaket dengan motherboard. Tingkat perfomance dari jenis VGA ini dapat dikatakan cukup baik dengan catatan Anda tidak boleh menggunakan jenis VGA ini untuk melakukan pemrosesan grafis yang high level seperti bermain game 3D, mengedit film dan lain sebagainya kaena akan mempengaruhi tingkat perfomance dari VGA jenis on-board.
·         Jenis Slot dalam pemasangan VGA pada komputer
Jenis-jenis sot peripheral yang digunakan untuk memasang Kartu Grafis terbagi atas lima jenis slot, yaitu :
1.    Kartu Grafis pcie (PCI express)
VGA jenis ini dipasang pada slot ekspansi pcie dengan BUS yang sistemnya I/O yang memiliki kecepatan transfer hingga 32 gbyte/s.
2.    Kartu Grafis AGP
VGA jenis ini dipasang pada slot ekspansi Accelerated Graphics Port (AGP) yang sistem dari BUS-nya I/O 128 atau 256 bit.
3.    Kartu Grafis PCI
VGA jenis ini dipasang pada slot ekspansi Peripheral Component Interconnect (PCI) dengan sistem BUS I/O 32 atau 64 bit.
4.    Kartu Grafis EISA
VGA jenis ini dipasang pada slot ekspansi jenis Extended Industry Standard Architecture (EISA) dengan sistem BUS I/O 32 bit.
5.    Kartu Grafis ISA
Jenis VGA ini dipasang pada slot ekspansi jenis ISA (Industry Standard Architecture) dengan sistem BUS I/O 8 atau 16 bit.

B. Fungsi dari VGA

Setelah membahas mengenai jenis-jenis dari VGA, selanjutnya kita beralih pada fungsi dari VGA itu sendiri. Apa sajakah fungsi dari VGA? Berikut ulasannya :
Tidak semua jenis komputer memiliki jenis VGA dengan level yang baik. Bahkan pada sebagian jenis komputer justru tidak memiliki VGA. Komputer yang tidak memiliki VGA secara otomatis tidak akan memiliki tampilan layar yang menarik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi VGA pada layar monitor yaitu mengubah sinyal digital dari suatu komputer menjadi suatu tampilan layar grafik di monitor. Tidak hanya berfungsi dalam mengubah sinyal digital saja, jenis komputer yang memiliki VGA yang berkapasitas besar akan memiliki lebih banyak fungsi yaitu :
      a.    Tampilan grafik saat bermain game akan jauh lebih baik
       b.    Tampilan layar menjadi sangat jernih dan lebih tajam
       c.    Sangat baik ketika digunakan untuk menonton film yang memiliki detail sempurna
      d.    Dapat dikoneksikan dari PC ke layar TV menggunakan HDMI yang kemudian akan dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik
       e.    Sangat membantu dalam pembuatan design grafis dan juga 3D design

C. Tips Memilih VGA yang Baik

VGA sangat berperan dalam membantu suatu sistem komputer agar memiliki kecepatan tinggi beserta tampilan grafik yang baik. Oleh karena itu, dalam memilih suatu VGA yang akan digunakan dalam sistem komputer Anda, maka ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut. Apa sajakah? Berikut ini ulasannya :
1.    Menyesuaikan VGA dengan slot yang ada pada motherboard
Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebelumnya telah dipaparkan bahwa VGA memiliki jenis-jenis slot dalam pemasangannya di motherboard. Oleh karena itu, apabila ingin memilih suatu VGA ada baiknya untuk lebih dulu memastikan jenis slot apa yang ada pada motherboard komputer Anda.
2.    Memiliki GDR dengan kapasitas memori minimal DDR3
Jangan lupa memerhatikan gdrnya saat Anda memilih sebuha jenis VGA. GDR yang harus dimiliki suatu VGA paling tidak memiliki kapasitas memori minimal DDR3, tidak boleh kurang dari itu.
3.    Menyesuaikan dengan jenis power supply yang digunakan
Hal ini sangat penting. Jangan sampai, Anda memilih jenis VGA yang membutuhkan input tegangan yang tidak sesuai dengan kapasitas dari power supply Anda. Oleh karena itu, cek lebih dulu berapa tegangan maksimal yang dapat dihasilkan oleh power supply Anda, baru kemudian memilih VGA yang menyesuaikan dengan kapasitas dari power supply.
4.    Menyesuaikan dengan beban maksimal listrik rumah
Hal ini biasanya dipengaruhi oleh level dari speck komputernya. Semakin tinggi specknya maka daya yang dibutuhkan akan semakin besar dan VGA yang Anda pilih harus sesuai dengan beban maksimal listrik rumah.
5.    Tingkat kecepatan momori core yang tinggi
Semakin tinggi kecepatan memori core dai VGA tersebuat maka akan semakin baik tampilan grafik yang dihasilkan dan akan meningkatkan perfomance-nya.
Baca juga: Ingin Merakit Komputer Multimedia Grafis Tinggi? Ini yang Harus Anda persiapkan
Demikian di atas ulasan lengkap mengenai pengertian, jenis-jenis, fungsi serta tips memilih VGA yang benar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

0 Response to "Jenis-jenis, Fungsi Serta Tips Memilih VGA "

Posting Komentar