Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

Cara jitu meningkatkan traffic Pengunjung Blog - Bagi seorang blogger, entah itu blogger yang memonetasi blognya ataupun para pebisnis online yang mengelola online shop, pasti membutuhkan traffic untuk mensukseskan apa yang dilakukan. Sebagus apapun kita mendesain suatu website atau blog, dan mengisinya dengan konten-konten yang berkwalitas, tidak akan ada gunanya jika blog tersebut tidak ada yang mengunjunginya. Benar bukan?

Dan urusan mendatangkan pengunjung atau menaikkan traffic blog bisa dibilang gampang–gampang susah,  karena di perlukan ketekunan serta trik-trik yang membutuhkan kesabaran ekstra.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami bermaksud untuk berbagi pengalaman dalam meningkatkan traffic atau pengunjung dalam blog kita. Cara yang kami share ini dibagi menjadi dua, yaitu meningkatkan traffic pengunjung secara gratis atau yang berbayar.

#Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog

A. Meningkatkan traffic pengunjung blog secara gratis
 1. Melalui social bookmarking
Cara pertama meningkatkan traffic pengunjung blog adalah dengan memanfaatkan situs social bookmarking. Pada awalnya, situs ini dibuat demi membantu para pengguna internet untuk menyimpan alamat web yang mereka sukai untuk dibuka di lain waktu.

cara jitu,meningkatkan,traffic pengunjung,blog

Namun, sekarang social bookmarking sudah tidak hanya digunakan untuk mem-bookmark web saja, tapi juga dimanfaatkan untuk optimasi seo dan mendapatkan lebih banyak traffic dari para blogger. Tentu tidak ada salahnya jika Anda juga mencoba memanfaatkan ini.

Caranya, cukup simpan url postingan blog atau url blog Anda langsung di situs – situs social bookmarking ini dengan harapan pengguna internet lain akan tertarik terhadap link yang Anda submit tersebut lalu membukanya. Dari social bookmarking ini para blogger juga sering mendapatkan traffic langsung dari search engine, jadi potensi mendapatkan lebih banyak traffic dari social bookmarking memang sangat besar.
Baca :Panduan Blogging bagi Para Pemula
Walaupun sebagian blogger sudah tidak begitu yakin mengenai kefektifan sosial bookmarking dalam meningkatkan peringkat seo, akan tetapi tidak sedikit dari para master yang menggunakan tehnik ini dalam meningkatkan seo di blognya.

2. Memanfaatkan situs forum
Selain dari social bookmarking, Anda juga bisa meningkatkan traffic blog melalui berbagai forum yang bertebaran di internet. Sebagian forum memang memperbolehkan anggotanya untuk menyertakan link pada thread atau signature-nya. Namun ada juga yang melarang. Jadi sebelum mempromosikan blog Anda, sebaiknya baca dulu rules yang ada pada forum tersebut.

Usahakan untuk membuka thread yang berguna dan tidak merusak nama baik Anda. Sisipkan link blog dengan baik pada thread tersebut (jangan spam) dan manfaatkan fasilitas link signature sebaik mungkin untuk menarik traffic blog sebanyak-banyaknya.
Banyak forum yang bisa digunakan untuk menarik traffic blog. Beberapa yang paling direkomendasikan antara lain kaskus, detik forum, pengusaha.co, forum kompas, dan lain-lain.

3. Melakukan blogwalking
Cara meningkatkan traffic blog selanjutnya adalah dengan melakukan blogwalking. Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain yang lebih dulu terkenal dan tentunya memiliki topik dan tema yang sama dengan blog milik Anda.

Pada kolom komentar, umumnya para pemilik blog tersebut menyediakan kolom untuk orang yang ingin menuliskan url di dalamnya. Fasilitas ini lah yang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Namun sebelum memberikan komentar, Anda harus membaca artikel sang pemilik blog yang telah diposting disana. Ini bertujuan agar komentar Anda memiliki kaitan dengan topik yang sedang dibahas sehingga komentar Anda berkualitas.

Jangan lupa untuk berkomentar dengan bahasa yang santun agar meninggalkan kesan yang baik bagi pemilik blog tersebut. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan backlink menuju situs blog Anda. Lebih lanjut pengunjung blog tersebut kemungkinan bisa ikut mengunjungi blog Anda melalui url yang sudah ditulis tadi.

Ingat! Jangan melakukan spam karena ini bisa mencoreng nama baik blog Anda maupun Anda sendiri.

4. Manfaatkan sosial media
Sebagian besar pengguna internet di dunia pasti memiliki media sosial pribadinya. Di indonesia sendiri, pengguna media sosial meningkat pesat pada beberapa tahun terakhir. Ini lah yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan traffic blog Anda.

Caranya pun cukup mudah dan mirip dengan cara-cara di atas. Anda bisa mempromosikan link blog Anda melalui grup-grup diskusi maupun komentar pada thread tertentu dengan topik yang sama dengan blog Anda. Usahakan gunakan bahasa sesopan mungkin saat melakukan promosi agar orang tertarik dan menghargai usaha Anda. Dan jangan sekali-sekali melakukan spam dengan menebar link dimana-mana karena ini akan memberikan citra buruk pada diri Anda.

Beberapa media sosial yang sangat potensial untuk mendatangkan traffic antara lain twitter, facebook, linkedln, you tube, instagram, dan google plus. Sebenarnya masih banyak media sosial lain yang bisa dimanfaatkan, tapi media sosial di atas memiliki potensi paling besar karena penggunanya sangat banyak.

B. Meningkatkan traffic pengunjung blog secara berbayar
Jika memiliki budget lebih, ada baiknya Anda mempromosikan blog Anda secara berbayar dengan mengiklankannya di berbagai situs. Cara ini terbukti cukup ampuh dalam meningkatkan traffic dibandingkan dengan cara yang gratis.

1. Mengiklankan di ppc
Salah satu penyelenggara iklan ppc yang paling terkenal adalah google adwords. Perusahaan anakan google ini sudah sangat berpengalaman dan terbukti sangat baik dalam menjalankan bisnis periklanan. Google adwords sendiri sudah memiliki banyak jaringan advertiser dan publisher yang tersebar di seluruh dunia termasuk indonesia.
Beriklan di google adwords juga memiliki keunggulan yakni iklan yang ditampilkan akan disesuaikan dengan topik artikel publisher. Jadi kemungkinan datangnya pengunjung blog semakin tinggi. Google adwords juga sudah banyak digunakan oleh para pebisnis online dan terbukti memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis mereka. Jadi kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

2. Memasang iklan di facebook
Salah satu sosial media bernama facebook memiliki layanan yang memungkinkan orang untuk memasang iklan di situsnya. Layanan ini bernama facebook ads. Keunggulan dari facebook ads adalah pengiklan bisa memilih sendiri kategori target audiens yang dibutuhkan sehingga sangat mempengaruhi efektifitas iklan yang dipasang. Selain itu pengiklan juga bisa mengatur sendiri berapa budget yang harus dikeluarkan untuk setiap klik.

3. Memasang iklan di iklan baris online
Cara terakhir yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan memasang iklan di iklan baris online yang disediakan oleh beberapa situs. Meskipun ada situs yang menyediakannya secara gratis, namun sangat direkomendasikan untuk mengiklankannya di situs yang berbayar karena berbagai kelebihan yang ditawarkan dan tentunya hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Itu lah berbagai cara untuk meningkatkan traffic blog baik secara gratis maupun berbayar. Dalam meningkatkan traffic, Anda tidak perlu melakukan semua tips di atas, cukup pilih beberapa saja, kemudian atur strategi sebaik dan seefektif mungkin untuk melakukan berbagai promosi di situs-situs online.
Baca juga : Tips Memilih Nama Domain yang Bagus dan Seo Friendly

Namun jangan lupa juga untuk selalu memposting konten-konten berkualitas setiap harinya, untuk menjaga nama baik blog dan memuaskan para pengunjung Anda. Semoga tips meningkatkan traffic pengunjung blog ini bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Jitu Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog"

Posting Komentar