Kekurangan dan Kelebihan Window 10, Berikut Cara Memaksimalkan Kinerjanya

Kekurangan dan kelebihan window 10, berikut cara memaksimalkan kinerjanya - Windows 10 adalah sebuah operation system (os) generasi terbaru dari berbagai seri pendahulunya, yang dikembangkan oleh microsoft. Pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tanggal 30 september 2014 dan langsung mendapat sambutan yang hangat para pengguna internet di dunia. Hingga hal itu membuat pihak microsoft yakin dan semakin gencar menyempurnakan sistem terbarunya tersebut, hingga akhirnya windows 10 secara resmi dirilis pada tanggal 29 juli 2015 dan dapat diunduh secara gratis bagi para pengguna sistem operasi sebelumnya yaitu windows 8 dan 7.
Nah, lantas hal-hal apa sajakah yang ada dalam sistem operasi terbaru dari microsoft ini, dan apa saja fitur menarik di dalamnya? Untuk mengetahuinya, berikut ini telah kami rangkum informasi selengkapnya untuk pembaca semua. Silahkan disimak.

A.Kelebihan sistem operasi windows 10

1.Tombol ‘start’ kembali hadir
Jika anda merindukan tombol start yang sebelumnya ada di windows 7 dan tidak ada di windows 8 maka anda dapat bernostalgia dengan tombol tersebut pada generasi terbaru dari sistem operasi windows 10 ini. Hal ini dilakukan oleh pihak microsoft setelah sebelumnya banyak mendapat kritikan dan saran untuk menghadirkan kembali tombol start yang mana bagi para pengguna dianggap sebagai identitas/ikon dari windows.

kekurangan,kelebihan,maksimalkan kerja

2.Hadirnya cortana
Selain menghadirkan fitur start yang mana merupakan fitur dari generasi sebelumnya, windows 10 juga menghadirkan sebuah fitur terbarunya untuk perangkat pc yaitu ‘cortana’.

Cortana adalah sebuah digital assistant yang mana dapat mendukung aktivitas pengguna dalam melaksanakan berbagai hal melalui perintah suara dari pengguna. Tidak hanya itu, cortana juga bisa mempelajari kegiatan atau hal yang sering dilakukan penggunanya ketika mengoperasikan komputer dan cortana juga dapat diperintahkan untuk menceritakan obrolan lucu atau bahkan menjadi tempat curhat selayaknya teman sungguhan.

3.Web browser terbaru ‘microsoft edge’
Jika sebelumnya banyak pengguna windows seri terdahulu yang mengeluhkan internet explorer sebagai web browser bawaan yang terlalu berat dan lemot maka hal itu tidak akan lagi terjadi ketika pengguna mengupgrade sistem operasinya ke windows 10. Pasalnya pada windows 10 pihak microsoft tidak lagi menghadirkan internet explorer sebagai web browser bawaan melainkan menggantinya dengan microsoft edge yang mana diklaim dan terbukti lebih ringan dan cepat untuk mentransfer koneksi data internet.

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Koneksi Internet yang Lambat pada PC/Laptop
Kelebihan lainnya dari microsoft edge adalah anda dapat menulis atau bahkan mencoret-coret sebuah halaman web untuk menambahkan sebuah catatan yang diinginkan pengguna dan catatan tersebut juga dapat dikirimkan kepada pengguna windows 10 lainnya.

4.Multitasking
Di era yang semuanya serba instant ini nampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh pihak microsoft untuk memanjakan penggunanya, pasalnya dalam sistem windows 10 microsoft menghadirkan sebuah kelebihan yang sebelumnya tidak pernah ada di generasi terdahulu yaitu sebuah fitur multi-doing dan virtual desktop yang mana membuat pengguna dapat membuka dan menjalankan 3 desktop sekaligus dalam satu layar.

5.Windows store
Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh windows 10 adalah disematkannya sebuah aplikasi windows store yang mana seluruh konten didalamnya sudah disertifikasi secara legal oleh pihak microsoft. Pada windows store ini pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi, musik, game, atau video baik yang berbayar maupun gratis.

6.Xbox support
Bagi para gamers khususnya yang menggunakan console xbox maka hadirnya windows 10 dapat menghadirkan kebahagiaan tersendiri, pasalnya pada sistem operasi terbaru ini sudah disematkan aplikasi built in yang dapat langsung terintegrasikan dengan console xbox sehingga para pengguna dapat bermain dan sharing hasil permainan tersebut melalui windows 10.

7.Continuum
Untuk sistem operasi seri terbarunya ini pihak microsoft menghadirkan sebuah fitur yang bernama continuum. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat menghubungkan smartphone dengan perangkat komputer yang sama-sama menggunakan sistem operasi windows 10 sehingga pengguna dapat merubah tampilan pada smartphone menjadi tampilan layar desktop pada komputer ataupun sebaliknya, tampilan desktop berubah menjadi tampilan smartphone.

Selain kelebihan konektifitas ke sesama windows 10, fitur continuum ini juga dapat dikoneksikan dengan perangkat lainnya seperti pengguna android ataupun ios dengan tambahan aplikasi phone companion app sebagai pendukungnya.

8.Sistem keamanan yang futuristik
Kelebihan terakhir dari windows 10 adalah hadirnya sebuah sistem keamanan yang canggih dan futuristik, yaitu ‘windows hello’ yang memungkinkan pengguna untuk dapat masuk / sign in kedalam perangkat komputer dengan melakukan scan wajah ataupun fingerprint sehingga pengguna tidak perlu lagi menyiapkan password dalam bentuk kombinasi tulisan ataupun angka.

B.Kekurangan windows 10

Setelah sebelumnya membahas perihal kelebihan dari sistem operasi windows 10 maka selanjutnya mari kita menengok tentang kekurangan dari sistem operasi ini, berikut ulasannya:
1.Default browser yang sulit diganti
Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan jika dalam windows 10 disematkan sebuah web browser bawaan yang bernama microsoft edge dan yang menjadi permasalahan adalah pengguna akan sulit untuk mengganti web browser tersebut dengan yang lainnya karena pihak microsoft sendiri sudah memproteksi sistem operasinya sehingga jika pengguna tidak berhati-hati maka dapat menimbulkan ‘crash’ pada sistem operasi.

2.Size data yang besar
Bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan sistem operasi generasi terdahulu maka dapat mendownload sistem operasi terbaru ini secara gratis, namun tetap saja pengguna harus mendapatkan dukungan sinyal koneksi data internet yang kuat pasalnya besaran data yang harus dikeluarkan untuk mengunggah os ini mencapai 3 gb dan tanpa bisa dipause sehingga jika ada kegagalan jaringan pengguna harus bersabar untuk mengulang download dari awal.

3.Tidak semua perangkat kompatibel
Sebelum mengupgrade sistem operasi terdahulu dengan windows 10 maka ada baiknya para pengguna melihat terlebih dahulu spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sistem operasi ini dengan lancar seperti yang sudah tercantum pada halaman web resmi microsoft.

C.Tips memaksimalkan performa windows 10

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari windows 10 maka selanjutnya disini akan dibagikan beberapa cara agar pengguna sistem operasi ini dapat memaksimalkan kinerja dari perangkatnya, berikut ulasannya:

1.Agar ‘boot’ lebih cepat
Untuk membuat proses booting lebih cepat pengguna dapat mengaturnya dengan cara melakukan setting pada msconfig dan kemudian masuk pada kolom boot advance option untuk mengatur number of processors menjadi lebih dari 1 dan kemudian merestart komputer agar setting dapat segera teraplikasikan.

2.Mematikan layanan start up
Untuk tidak memperberat kinerja komputer pada saat membuka tampilan desktop ketika pertama kali dihidupkan anda dapat mematikan start up yang secara otomatis membuka berbagai aplikasi pada perangkat komputer. Hal ini perlu diperhatikan karena dengan terbukanya aplikasi-aplikasi secara bersamaan dapat memberatkan kinerja komputer, beberapa aplikasi yang perlu dimatikan saat startup adalah seperti idm, google drive, web browser, dan masih banyak lainnya.

3.Scan rutin dengan antivirus
Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kinerja perangkat komputer yang menggunakan sistem windows 10 adalah dengan rutin melakukan scanning untuk membersihkan virus dan malware yang menyerang perangkat komputer. Hal ini perlu dilakukan karena dengan menumpuknya virus dapat memperberat kinerja komputer atau bahkan terjadi ‘crash’ pada sistem operasi windows 10.

Nah, itu dia di atas informasi tentang windows 10 berikut berbagai tips dan trik memaksimalkan kerjanya. Semoga bermanfaat
Sumber:
http://www.wikipedia.org/wiki/windows_10
http://www.arenalte.com/life/rekomendasi/kelebihan-windows-10-free-upgrade/
http://www.iwanberbagi.com/2015/09/memaksimalkan-kinerja-windows-10.html?m=1
http://www.plusminus-id.blogspot.co.id/2015/08/kelebihan-dan-kekurangan-windows-10.html?m=1

0 Response to "Kekurangan dan Kelebihan Window 10, Berikut Cara Memaksimalkan Kinerjanya"

Posting Komentar