9 Virus Paling Berbahaya dalam Sejarah Komputer

9 Virus paling berbahaya dalam sejarah komputer - Di dalam dunia teknologi, virus merupakan sebuah program komputer yang berbahaya yang sangat menakutkan bagi para pengguna komputer. Mengapa demikian? Karena virus-virus ini dapat mendatangkan kerugian bagi komputer seperti menghapus data-data di dalam disk penyimpanan, memanipulasi file, atau bahkan merusak secara permanen sistem dalam komputer.

Virus-virus ini umumnya datang dari internet dan biasanya menyelinap di file-file yang kita download. Oleh sebab itu disarankan untuk mendownload file dari sumber terpercaya dan jangan lupa untuk mengaktifkan pemindai virus ketika mendownload.

Baca: 14 Aplikasi Penting yang Sebaiknya Ada pada Komputer Anda

Sebenarnya sudah banyak anti virus yang dibuat untuk menangkal masalah ini. Namun sayangnya banyak dari virus itu yang kebal dan bisa menembus keamanan anti virus tersebut. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang virus-virus ini, berikut kami berikan beberapa contoh virus yang paling berbahaya di internet yang patut anda waspadai.

virus berbahaya,sejarah,komputer,komputer

Virus paling berbahaya bagi komputer

1. Code Red
Virus paling berbahaya yang pertama adalah Code Red. Virus ini pertama kali terdeteksi pada bulan Juni 2001. Virus ini masuk dengan memanfaatkan celah pada Microsoft Internet Information Server dan akan merusak berbagai server jaringan pada komputer. Code Red bekerja dengan memenuhi buffer komputer sehingga memori akan terkuras habis.

Bahayanya lagi, virus Code Red mampu menyebar hanya melalui koneksi internet dan mendeface web page yang sedang terbuka. Jadi mereka tidak masuk seperti virus lain yang umumnya membuat jebakan link atau spam email.

Sampai saat ini, Code Red tercatat sudah berhasil merusak lebih dari 400.000 server sekaligus menimbulkan kerugian mencapai 2,6 miliar dollar Amerika.

2. Storm Worm
Storm Worm merupakan virus berjenis trojan yang pertama kali berkeliaran dan terdeteksi pada tahun 2006. Virus ini terkenal sangat mematikan dan merusak karena komputer akan dikendalikan oleh si pembuat virus dan otomatis file – file di dalamnya bisa dimonitor oleh mereka. Storm Worm menyebarkan diri mereka melalui email-email spam yang berisi link jebakan.

Email tersebut bertuliskan 230 dead as storm batters Eropa, dan saat diklik, komputer akan otomatis terinfeksi dan dikendalikan dari jauh untuk menyebarkan virus dari email itu ke target selanjutnya. Oleh karena itu, ketika menerima email dengan teks di atas, jangan sekali – sekali mengkliknya, langsung saja hapus email tersebut.

3. Nimda
Virus ini muncul tepat satu minggu setelah peristiwa penyerangan 9 September 2001. Nama virus ini diambil dari kata Admin yang dieja terbalik. Nimda bekerja dengan melumpuhkan komputer secara total. Sulit sekali memulihkan komputer yang telah terinfeksi oleh virus ini. Sampai saat ini, sudah ribuan komputer di dunia yang berhasil dilumpuhkan oleh Nimda.

Virus ini memiliki banyak cara penyebaran. Diantaranya dari Email spam dengan link jebakan, dari web, menyelinap di file sharing, dan memanfaatkan celah pada Server Microsoft. Menurut kabar yang beredar, Nimda masih beroperasi sampai sekarang, namun pergerakannya sudah melambat. Meski begitu Anda tetap harus waspada terutama ketika mendownload file.

4. Conflicker
Virus yang ditemukan pada bulan Oktober 2008 ini tergolong amat menakutkan karena penyebarannya yang luar biasa cepat. Conflicker mempunyai banyak nama seperti virus Domnadup, Downup, atau Kido. Conflicker menyebarkan dirinya melalui operating sistem Microsoft Windows dan paling banyak menyerang pengguna windows Xp.

Namun fakta paling mengejutkan tentang betapa cepatnya virus ini menyebar adalah melihat data yang diterbitkan oleh halaman The Guardian. Mereka mengumumkan bahwa pada 2009 sekitar 3,5 juta komputer di dunia telah terinfeksi virus ini. Tapi secara tiba – tiba secara mengejutkan keesokan harinya angka ini langsung berlipat menjadi 9 juta komputer yang terinfeksi.

5. Melissa
Bisa dibilang virus Melissa adalah virus paling berbahaya dalam sejarah internet. Bahkan virus ini sempat menjadi bahasan utama berita di seluruh dunia pada 26 Maret 1999. Virus Melissa menyebar melalui attachment email dengan tulisan Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else. Jika email ini diklik, maka secara otomatis komputer akan terinfeksi dan Melissa akan menggandakan dirinya serta mengirimkan email tersebut ke 50 alamat email dalam address book pemilik.

Yang lebih mengejutkannya lagi, pada awal kemunculannya virus Melissa mampu menginfeksi sekitar 20% komputer di seluruh dunia hanya dalam waktu yang amat singkat. Sekarang, meskipun anti virusnya sudah dibuat, tetap saja virus ini tidak bisa dihilangkan secara total.

6. ILOVEYOU
Virus ini termasuk virus yang sangat berbahaya dan sulit dihilangkan. ILOVEYOU akan merusak berbagai sistem dalam komputer Anda dan menghapus sebagian besar data di dalamnya. Celakanya lagi, virus ini sangat sulit dibasmi karena mereka dengan cepat menggandakan diri.

Virus ILOVEYOU sendiri pertama kali ditemukan di sistem komputer Filipina pada tanggal 4 Mei 2000. Penyebaran virus ini juga cukup unik. Mereka menyebarkan email yang mengundang rasa penasaran netizen dengan memberi subjek dengan nama ILOVEYOU. Tak heran banyak yang memberi julukan virus ini dengan nama love letter atau surat cinta.

7. CIH
Virus CIH pertama kali ditemukan pada bulan Juni tahun 1998 di Taiwan. Alasan yang membuat CIH masuk dalam daftar ini adalah kemampuannya merusak sistem yang mengerikan dan sangat sulit dideteksi keberadaannya. Bahkan saat komputer terinfeksi, komputer akan nampak normal seperti biasa sampai akhirnya komputer rusak dan tidak mampu melakukan booting.

Hal ini disebabkan karena CIH mampu masuk hingga memanipulasi BIOS dan membuat komputer tidak bisa booting. Akibatnya komputer mati total dan tidak bisa digunakan lagi. Pada masanya, CIH banyak menyerang operating system Win 98, 95, dan ME. CIH tercatat sudah menimbulkan kerugian lebih dari 100 juta dollar Amerika. Tapi untungnya virus ini sudah berhenti menyebar saat ini.

8. Poison Ivy
Poison Ivy adalah virus yang sangat berbahaya bagi komputer karena tujuannya tidak hanya merusak komputer tapi juga mengendalikannya. Virus ini dikembangkan oleh para hacker yang berkepentingan melakukan penyadapan terhadap seseorang.

Ketika Poison Ivy terinstall pada komputer anda. Maka secara otomatis virus tersebut memegang kendali penuh atas komputer tersebut. Komputer Anda akan dikendalikan oleh seseorang dari jarak jauh secara sembunyi-sembunyi. Mereka bisa memanipulasi dan mengakses berbagai konten yang terdapat pada komputer sebagaimana pemiliknya. Tidak hanya itu, lebih parahnya lagi, mereka bisa mengambil alih kendali speaker dan webcam komputer. Oleh karena itu, jika terkena virus ini, sebaiknya segera tutup webcam dan speaker.

9. Blackshades
Virus berbahaya ini bisa dibilang masih baru karena berkembang pada tahun 2014. Cara kerjanya hampir sama dengan Poison Ivy yaitu mengambil kendali penuh atas komputer dan memanipulasi semua datanya. Hacker blackshades dapat mencuri data pribadi dan memblokir pesan masuk serta mengendalikan webcam untuk kepentingan penyadapan.

Nah itu dia beberapa virus yang bisa di bilang menjadi legenda dalam dunia virus. Bila virus-virus di atas, sampai menjangkit komputer anda, pastinya akan sangat berbahaya.

0 Response to "9 Virus Paling Berbahaya dalam Sejarah Komputer "

Posting Komentar