Tips Memilih Hardisk Eksternal dan Cara Merawatnya

Tips memilih hardisk eksternal dan cara merawatnya - Hardisk merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peran yang sangat penting sebagai media untuk menyimpan data. Tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpan data saja, suatu hardisk juga dapat mempengaruhi kecepatan loading saat mengakses sesuatu di komputer atau laptop anda.

Semakin besar suatu hardisk, maka akan semakin banyak data yang dapat disimpan, dan makin banyak ruang bebas pada hardisk tentunya makin cepat loading komputer anda, dan itu berlaku sebaliknya. Secara umum, hardisk terbagi atas dua jenis, yaitu hardisk internal dan eksternal. Dan pada kesempatan kali ini yang kita bahas adalah mengenai hardisk eksternal.

Apa itu hardisk eksternal?
Hardisk eksternal ialah media penyimpanan data portable dengan rata-rata jumlah kapasitasnya cukup besar, lebih fleksibel bisa di bawa ke mana-mana layaknya flashdisk, serta dapat dihubungkan dengan laptop atau komputer dengan menggunakan kabel usb.
Nah buat anda yang ingin membeli hardisk eksternal ini, berikut kami rangkum beberapa panduan atau tips yang sebaiknya anda terapkan.

tips,memilih,hardisk eksternal

A.Tips memilih hardisk eksternal yang benar

1.    Kecepatan rotasi drive (rotary per minute)
Salah satu aspek penting untuk memilih hardisk eksternal yang baik adalah kecepatan putar motor yang digunakan dalam pemutaran hdd tiap menitnya atau biasa disebut rpm (rotary per minute). Kecepatan rotasi piringan hdd tiap menitnya akan mempengaruhi kecepatan transmisi datanya. Semakin cepat piringan hdd itu berputar tiap menitnya, maka akan semakin cepat datanya ditransmisikan dan begitu pula sebaliknya.

Biasanya tingkat kecepatan piringan hdd itu berputar memiliki tingkat kecepatan putar yang berbeda-beda. Jadi semisal anda menemui spesifikasi dua hardisk eksternal yang tingkat putarnya ada yang pertama 5400 rpm dan yang kedua 7200 rpm, maka akan sangat lebih baik jika anda memilih yang 7200 rpm. Mengapa? Karena angka tersebut diartikan bahwa tingkat kecepatan rotasi piringan hdd-nya itu sebesar 7200 putaran tiap satu menit dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa semakin cepat perputarannya, maka akan semakin cepat data yang ditransmisikan. Oleh karena itu 7200 rpm lebih baik daripada 5400 rpm.

2.    Tingkat density datanya
Setelah anda mengetahui kecepatan rotasi drive-nya maka spesifikasi selanjutnya yang harus anda cari tahu adalah density datanya. Density atau kerapatan berkaitan erat dengan tingkat kapasitas yang mampu disimpan oleh hardisk eksternal tersebut. Misalnya, anda ditawari dua buah hardisk yang memiliki tingkat kecepatan rotasi yang sama yaitu 5400 rpm.

Hardisk pertama memiliki spesifikasi 5400rpm dengan kapasitas 500 gb dan hardisk kedua 5400rpm dengan kapasitas 1 tb. Makna dari 500 gb dan 1 tb menggambarkan besarnya tingkat kerapatan hardisk tersebut dalam menyimpan data. Itu artinya, semakin besar nilai kapasitas data yang mampu disimpan maka tingkat kerapatan datanya semakin rapat. Jadi, untuk kedua hardisk yang ditawarkan tersebut, anda lebih baik memiliki spesifikasi hardisk 5400rpm 1 tb.

3.    Tingkat besarnya buffer
Tingkat besarnya buffer akan mempengaruhi jumlah kapasitas yang mampu ditransmisikan oleh hardisk. Artinya, semakin tinggi ukuran buffer-nya maka akan semakin cepat transmisi datanya dan demikian sebaliknya. Namun tingkat besarnya nilai buffer  pada suatu hardisk eksternal juga bervariasi serta berfungsi untuk mengurangi tingkat latensi pada saat transmisi data akibat dari adanya gangguan sistem kinerja sistem mekanik yang lambat pada sebuah hardisk. Untuk hardisk eksternal sendiri, semakin besar nilai buffer-nya maka harganya juga akan sangat mahal. Jadi, silahkan dipertimbangkan baik-baik ya!

4.    Ukuran port usb
Biasanya ukuran port usb hardisk eksternal sangat bervariasi, ada yang ukuran usb 2.0 dan ada juga yang ukuran usb 3.0, apabila anda ingin mencolokkan usb hardisk eksternal tersebut ke laptop atau komputer anda maka spesifikasi jenis port usb-nya juga harus sama. Tidak boleh berbeda, karena jika berbeda tentu saja hardisk itu tidak dapat dicolokkan pada port usb laptop atau komputer anda.

5.    Fitur backup data
Penting bagi anda untuk memilih jenis hardisk eksternal yang memiliki fitur backup data yang sangat baik. Jadi, semisal terjadi kerusakan pada hardisk anda atau secara tiba-tiba semua file yang sudah anda simpan tiba-tiba hilang akibat dari kurang catu daya atau diserang oleh virus, maka ada fitur backup akan sangat bermanfaat bagi anda.

6.    Jumlah maksimal penyimpanan
Tingkat penyimpanan hardisk eksternal sangatlah bervariasi. Ada yang 500gb sampai kepada lebih dari 1tb. Jadi untuk tingkat penyimpanan maksimal hardisk eksternal, sebaiknya anda pilih saja sesuai dengan keinginan dan selera anda serta tingkat budget yang ada di kantong anda. Namun semakin besar, ya keuntungan yang anda peroleh adalah akan semakin banyak data-data yang dapat anda simpan. Apabila semakin kecil, maka akan semakin sedikit jumlah data yang dapat anda simpan.

B.Tips merawat hardisk eksternal agar awet

1.    Berusaha untuk menjaga hardisk dari cairan
Penting bagi anda untuk menjauhkan hardisk eksternal anda dari yang namanya cairan. Ingat, bahwa ketika hardisk eksternal anda terkena yang namanya cairan maka yang akan jadi ancaman anda adalah data-data yang ada dalam hardisk anda. Jadi apabila tidak ingin data-data anda hilang, maka penting bagi anda untuk menjauhkan hardisk anda dari cairan.

2.    Hindari cabut-pasang usb secara kontinyu
Kebiasaan buruk kebanyakan orang pada hardisk eksternal yaitu sering cabut-pasang usb hardisk eksternal pada port komputer atau laptop. Padahal kebiasaan cabut-pasang akan membuat terganggunya arus listrik beserta arus data yang akibatnya akan membuat kontroler mengalami gangguan. Selain itu juga akan membuat kepala konektor menjadi sangat tipis yang akan membuat hilangnya kontak antartembaga yang semula baik.

3.    Usahakan setiap mencabut usb hardisk eskternal sambil menarik bagian kepalanya
Penting bagi anda setiap kali mencabut usb hardisk eksternal sambil memegang kepala konektornya. Dengan menggunakan cara mencabut yang demikian maka dapat meminimalisir terjadi kabel putus di luar atau pun di dalamnya.

Hal lain yang perlu anda perhatikan selain cara merawat hardisk eksternal, ada juga hal lain yang perlu anda khawatirkan adalah ketika hardisk anda mengalami yang namanya corrupt. Corrupt atau nama lain dari tidak terbacanya hardisk eksternal milik anda.

Tetapi anda tidak perlu khawatir saat hardisk anda mengalami corrupt  karena berikut ini kami akan berikan tips untuk mengatasinya.

C.Tips menangani hardisk eksternal yang corrupt

      1.    Ketika suatu kotak dialog yang menyatakan bahwa hardisk anda perlu difromat ulang, maka langsung kata “no” yang terdapat pada kotak dialog tersebut. Tetapi apabila sudah lebih dulu anda klik kata “yes” maka ya semuanya selesailah sudah.

     2.    Setelah itu klik icon window, lalu klik “my computer” dilanjutkan untuk klik kanan pada kotak drive anda, kemudian pilih “properties”, kemudian setelah muncul kotak dialog window, kemudian klik tab dengan kata “tools”, lalu dilanjutkan dengan mengklik kata “check now”, setelah itu beri tanda centang pada bagian window pop-up dan pada tulisan “scan for and attempt recovery of bad sectors”. Setelah selesai semua kemudain klik “start”, apabila muncul pemberitahuan dari windows yang menyatakan bahwa hardisk anda “tida terbaca” dan perlu diformat maka klik “no”.

Apabila langkah-langkah tersebut tidak berhasil, maka silahkan untuk mencari langkah lain dengan menggunakan perintah dari command. Untuk memiliki hardisk eksternal diperlukan kejelian dalam pemilian, merawat dan memberikan perhatian khusus terhadapnya. Jadi, apabila anda ingin memiliki hardisk eksternal, sebaiknya ikuti panduan di atas beserta tips-tipsya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memilih Hardisk Eksternal dan Cara Merawatnya"

Posting Komentar