Tips Cerdas Membeli Komputer Built Up maupun Komputer Rakitan

Tips cerdas membeli komputer built up maupun komputer rakitan - Komputer atau laptop saat ini bukanlah menjadi barang mewah lagi, karena komputer merupakan kebutuhan primer yang hampir setiap hari orang memakainya sesuai kebutuhan masing-masing. Entah itu untuk berbisnis, mengerjakan tugas kantor, sebagai arsip dari data usaha, ataupun untuk para pelajar.

Jika di lihat dari proses pembuatannya, komputer terbagi atas  2 jenis. Yaitu komputer jenis built up dan satunya lagi komputer rakitan. Dari 2 jenis komputer tersebut pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Walaupun memiliki kekurangan serta kelebihan yang berbeda, tetapi dari kedua jenis komputer tersebut memiliki fungsi yang secara garis besar sama.

Jika Anda belum mengetahui apa itu komputer rakitan dan komputer built up, berikut dibawah ini adalah sedikit penjelasan untuk mengulasnya.

tips,trik,membeli komputer,komputer

Komputer built up merupakan perangkat komputer yang komponen perangkat kerasnya di buat oleh salah satu perusahaan secara 1 paket utuh, biasanya semua perangkatnya bermerk sama. Salah satu contohnya seperti laptop dengan merk Acer Aspira One. Maka bisa di pastikan bila laptop tersebut di buat oleh pabrik, yang mana biasanya perangkat atau komponen di dalamnya adalah sama, sesuai dengan ketentuan dari pihak produsenya.

Sedangkan komputer rakitan adalah komputer yang komponen perangkatnya di beli dengan merek berbeda-beda sesuai keinginan perakitnya. Jadi sangat mungkin dalam satu komputer, komponennya memiliki merk yang berbeda-beda. Tergantung dari keinginan pembuatnya.

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih mendetail mengenai perbedaan dari komputer build up dan komputer rakitan, berikut ini kami share informasi mengenai kekurangan serta kelebihannya. Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Berikut merupakan Kelebihan dan kekurangan Komputer Built up

Kelebihan
1.  Kualitas komputer sudah terbukti, karena pasti sudah ada uji coba oleh para tenaga ahli yang prefect bidangnya.
2.  Bentuknya lebih trendi, minimalis, sehingga praktis dan menarik.
3.  Sudah dalam 1 paket karena biasanya, untuk komputer build up ini di jual dengan paket lengkap, dengan menyertakan mouse, keyboard, monitor, sound dan lain sebagainya.
4.  Sudah pasti aman dan lebih terpercaya
5.  Biasanya kualitas komponen hardware nya lebih kokoh dan berkualitas

 Kekurangan
1.  Biasanya harga dari komputer build up ini sedikit lebih mahal daripada komputer rakitan. Tentunya harga ini tergantung dari merk yang kita pilih.
2.  Tidak bisa melakukan modifikasi, karena biasanya memang sudah dirancang seperti itu. Mungkin hanya penambahan RAM saja yang bisa.
3.  Jika ingin meng-upgrade, maka harus datang ke cervis resmi atau cervis center sesuai dengan merk komputer yang di beli tersebut.
4.  Jika terdapat komponen yang mengalami kerusakan, maka akan sedikit kesulitan dalam pembelian. Karena biasanya komponen komputer terbatas. Jadi kemungkinan besar Anda harus memesan dahulu kepada servis resminya.

Berikut merupakan Kelebihan dan kekurangan Komputer Rakitan

     Kelebihan
1.  Harga komputer rakitan biasanya lebih murah
2.  Anda dapat memilih komponen dari komputer yang akan dirakit, sesuai dengan kesukaan atau berdasarkan kualitas, bisa juga berdasarkan kemampuan yang Anda miliki.
3.  Mudah di modifikasi, karena ini merupakan komputer rakitan.
4.  Setiap komponen terdapat garansi masing-masing

      Kekurangan
1.  Pembelian komputer rakitan, kemungkinan besar bisa mengalami penipuan., karena belum tentu perakit ahli dalam bidang komputer.
2.  Tidak praktis serta memakan banyak ruang, karena biasanya pada komputer rakitan antara CPU dan kabel membutuhkan ruang banyak.
3.  Sebelum membeli komputer rakitan sebaiknya mencari infomasi mengenai spesifik komputer rakitan yang baik, agar tidak mengalami kesalahan.

Dibawah ini adalah tips memilih komputer yang cocok sebelum melakukan pembelian. Jika Anda membeli komputer tanpa mencari tahu info mengenai komputer, maka bisa jadi Anda akan sangat menyesal di kemudian hari. Karena membeli komputer yang tidak sesuai dengan keinginan anda.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum Anda memutuskan membeli dan memilih suatu komputer untuk di bawa pulang.

1.  Mencari info mengenai jenis dan merk dan komputer yang diinginkan.

Mencari tahu info jenis dan merk komputer sangat penting. Tujuannya selain untuk membandingkan kualitas, juga dapat membandingkan harga.

2.  Mencari info mengenai harga dari jenis komputer yang diinginkan.

Mencari tahu mengenai info harga dari jenis komputer yang diinginkan. Tujuannya untuk membandingkan harga komputer yang terjangkau tetapi memiliki kualitas bagus dan juga komputer yang harganya mahal.

3.  Menentukan dana Anda

Tentukan dulu berapa dana yang akan digunakan untuk untuk membeli komputer. Jika Anda sampai di toko dan harganya lebih tinggi, sebisa mungkin Anda melakukan nego. Tetapi jika harga komputernya lebih rendah daripada pekiraan haga anda, silahkan di tanyakan dan di cek kembali mengenai kualitasnya, agar tidak berakibat penipuan.

4.  Menentukan  Spesifikasi Komputer yang Anda butuhkan.

Lakukan pencarian di internet mengenai : prosesor, RAM (Random Access Memory), hard drive, dan video card. Dibawah ini adalah tips memilih komponen komputer yang baik :

(a) Prosesor, Semakin banyak core (otaknya), maka semakin baik pula kemampuannya. Salah satu contoh: Intel Core i5 lebih baik daripad Intel Core i3.

(b)    Besar kapasitas memorinya (RAM), karena jika kapasitasnya besar akan semakin baik kemampuannya.

(c)  Besar kapasitasnya Hard drive, tentunya semakin besar kapasitas ruang simpannya, akan semakin baik, karena Anda bisa dengan leluasa memasukkan banyak file di dalamnya.

(d)    Video Card, Jangan lupa untuk menanyakan tingkat ddrnya, yaitu DDR 1,2 dan 3. Tanyakan versi besar pixel shader yang dimiliki video card tersebut. Semakin tinggi vesinya, maka kualitasnya semakin baik.

5.  Tanyakan kepada toko mengenai paket penjualannya.

Ini sangat penting Anda tanyakan sebelum membeli suatu barang. Termasuk komputer. Dengan mengetahui apa saja yang Anda dapatkan. Mungkin dalam paket penjualan dari komputer yang Anda pilih itu sudah termasuk, monitor, mouse, keyboard, port/ konektivitas (usb, bluetooth, memory card, vga, LAN, audio, dan sebagainya.

6.  Tanyakan software bawaan komputer yang akan Anda beli.

Beli komputer dengan software yang terupdate atau terbaru. Karena software setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan.

7.  Survey kualitas suatu merk

Jika datang ke tempat penjualan komputer, pastikan sebelumnya sudah membaca atau meminta pendapat orang tentang merk komputer yang kualitasnya bagus atau tentang komputer yang akan Anda beli.

8.  Dalam pembelian komputer, pastikan terdapat garansi.

Karena garansi ini akan bermanfaat jika suatu saat komputer Anda bermasalah. Anda tinggal membawa komputer tersebut kepada servis resminya, dan tidak akan di pungut biaya untuk jasa perbaikan tersebut.

Nah diatas telah kami bagikan berbagai tips serta trik dalam membeli suatu komputer. Lebih baik luangkan waktu lebih untuk melakukan pengecekan, dan lain sebagainya, daripada asal membeli, kemudian menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba tips di atas dan semoga bermanfaat.


0 Response to "Tips Cerdas Membeli Komputer Built Up maupun Komputer Rakitan"

Posting Komentar