Panduan Blogging bagi Pemula

Panduan blogging bagi pemula - Pada zaman modern seperti ini, eksis di dunia maya tidak hanya bisa dilakukan melalui sosial media, tapi bisa juga lewat blog atau yang biasa dikenal dengan kegiatan blogging. Akhir-akhir ini blogging mulai di minati banyak orang terutama anak muda. Karena dengan menggunakan blog, kita bisa saling berbagi ilmu, informasi, dan lain-lain yang tentunya tidak bisa ditemukan di media sosial.

Bahkan blog juga bisa mendatangkan uang jika diolah dan dijalankan dengan baik. Namun sayangnya membangun blog yang berkualitas dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah,  bukanlah hal yang mudah. Seorang blogger (pengguna blog) dituntut memiliki kesabaran dan ketelatenan demi membangun blog dari nol sampai bisa menghasilkan uang.

Banyak blogger yang meninggalkan blog mereka begitu saja karena tak kunjung mendapatkan trafik yang bagus lantas mereka menyerah. Untuk itu, di sini kami coba bagikan sedikit tips bagi blogger pemula agar blognya dapat bertahan dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

panduan,panduan blogging,pemula

Tips Blogging Bagi Pemula

1. Tentukan tema atau topik blog
Sebelum membangun sebuah blog, sebaiknya pikirkan dahulu tentang apa topik yang akan dibahas pada blog anda nantinya. Tidak ada aturan baku yang mengatur hal ini. Semuanya terserah anda. Pilih lah topik yang anda suka dan kuasai. Seperti tentang hobi, bidang ilmu pengetahuan, karya fiksi, atau anda bisa menuliskan kisah-kisah hidup anda yang mungkin bisa memotivasi banyak orang. Sebaiknya tulis konten-konten yang bermanfaat bagi orang lain.

Dengan ditentukannya tema atau topik di awal ini akan membuat blog anda memiliki tujuan yang jelas dan kedepannya juga semakin mudah karena blog anda tidak akan jauh dari topik tersebut. Banyak blogger yang melakukan kesalahan dengan tidak menentukan topik blog mereka, akibatnya mereka hanya menuliskan konten random dan hanya mengikuti trend google. Blog seperti ini sulit menarik minat pembaca karena akan ada kesan asal – asalan dan tidak teratur.

Di awal ini sebaiknya anda jangan memikirkan tentang menghasilkan uang dulu, karena hal ini bisa mengacaukan konsentrasi blog. Tulislah konten yang bermanfaat secara rutin dan tarik sebanyak mungkin pembaca untuk mengunjungi blog anda.

2. Tulis artikel atau konten yang menarik dan berkualitas
Setelah menentukan topik dan tema blog, sekarang kita menuju ke inti blog itu sendiri. Ya, hal yang utama dari sebuah blog adalah isinya. Anda harus memulai blog anda dengan sebuah artikel yang cukup menarik dan bermanfaat. Terlebih lagi buatlah artikel yang sedang banyak dicari orang. Maksudnya, buatlah artikel dengan topik yang sedang banyak dibutuhkan orang, tentunya masih dalam ruang lingkup topik utama blog anda.

Caranya mudah, anda bisa langsung menuliskan keyword di google dan amati berapa banyak blog yang sudah menyediakannya. Anda juga bisa memanfaatkan Google Keyword. Disitu anda dapat melihat tingkat pencarian kata kunci di google sekaligus data persaingannya. Untuk awal sebaiknya cari kata kunci yang persaingannya tidak terlalu ketat, karena akan sangat sulit untuk menembus halaman utama google dan bersaing dengan blog-blog yang sudah lebih dulu besar.

Setelah itu, silahkan tulis artikel semenarik mungkin untuk blog anda. Buatlah seunik mungkin dan jangan lupa beri gambar ilustrasi atau animasi agar pembaca tidak bosan. Anda juga perlu membuat judul semenarik mungkin, tapi jangan sampai dilebih-lebihkan.

Tulis artikel yang berkualitas secara rutin agar semakin banyak pembaca yang mampir ke blog anda. Dengan semakin banyaknya pengunjung, rank blog akan semakin meningkat dan lama kelamaan bisa mencapai hal pertama di mesin pencari Google.

Jangan sekali-kali mencopy-paste konten dari blog lain karena ini adalah pelanggaran dan tentunya membuat citra blog anda semakin buruk. Blog yang baik adalah blog dengan tulisan original dan bermanfaat. Dan juga jangan pernah menuliskan sebuah kebohongan atau konspirasi yang dapat membingungkan publik.

3. Sering – seringlah melakukan Blogwalking
Apa itu blogwalking? Blogwalking adalah kegiatan berkunjung ke blog lain yang sudah besar dan terkenal. Tujuannya adalah tentu untuk mencari inspirasi bagi blog milik anda. Anda bisa mengamati bagaimana pemilik blog tersebut mengembangkan blognya, cara penyampaian postingan, desain blog, navigasi blog, dan lain-lain yang sekiranya bisa diterapkan di blog anda.

Saat melakukan blogwalking, disarankan untuk mengunjungi blog top yang memiliki topik sama dengan blog anda. Blog-blog ini umumnya terpampang di halaman pertama google. Blog seperti ini bisa memberikan banyak inspirasi dan pelajaran bagi anda untuk membangun blog.

Anda juga meninggalkan komentar pada postingan-postingan mereka untuk membentuk jaringan. Berkomentarlah yang sopan dan jangan memakai link hidup pada komentar anda. Juga jangan menjiplak konten atau artikel mereka karena postingan-postingan tersebut umumnya sudah banyak diketahui orang dan jika pengunjung melihatnya lagi di blog anda, itu akan sangat mencoreng nama baik blog.

4. Buat target pengunjung dan ranking google
Dalam blogging, memiliki target adalah hal yang bagus. Contohnya anda harus mampu menarik sejumlah pengunjung per artikel dan terus meningkatkan ranking blog di mesin pencari google. Namun jangan terlalu muluk-muluk dalam menentukan target ini seperti harus ada di halaman pertama google. Ingat, anda masih pemula dan untuk mencapai hal itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu lah blogger harus memiliki kesabaran yang tinggi agar blognya tetap hidup dan berjalan.

Tetap fokuslah memposting artikel yang bermanfaat dan menarik banyak pengunjung. Jangan terlalu sering memeriksa peringkat blog di mesin pencari google karena jika peringkatnya masih rendah hanya akan menurunkan semangat blogging anda. Dan saat jumlah pengunjung masih sedikit, jangan putus asa. Blog pemula memang selalu seperti itu, jadi tetap fokus pada isi postingan anda.

5. Promosi
Layaknya berdagang, promosi juga sangat penting dalam dunia blogging terutama bagi pemula. Dengan promosi, blog anda akan semakin diketahui orang banyak dan secara otomatis popularitasnya akan meningkat. Anda bisa mempromosikan blog melalui media sosial, forum-forum diskusi, atau langsung dari mulut ke mulut.

Jangan malu ketika mempromosikan blog, anda harus percaya diri akan karya yang sudah dibuat. Jika mereka suka dengan konten di blog anda, maka kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan kepada yang lain agar mengunjungi blog tersebut. Dengan begini pengunjung dan traffic akan semakin meningkat. Namun saat promosi sebaiknya jangan menebar link hidup karena ini bisa sangat mengganggu.

6. Desain dan navigasi
Tips terakhir bagi blogger pemula adalah perhatikan desain dan navigasi blog. Buatlah desain semenarik mungkin dan kalau bisa sesuaikan dengan tema blog anda. Misalnya jika tema blognya tentang musik, anda bisa menghias blog anda dengan not-not nada atau ilustrasi alat musik, dan sebagainya.

Untuk navigasi, buatlah sebaik dan sesimpel mungkin agar para pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi blog anda. Dengan begini, pengunjung akan betah berlama-lama di blog tersebut dan tentunya menambah poin di ranking google.

0 Response to "Panduan Blogging bagi Pemula "

Posting Komentar