Ingin Merakit Komputer Multimedia dengan Grafis Tinggi? Ini yang Harus Anda Persiapkan

Ingin merakit komputer multimedia dengan grafis tinggi? Ini yang harus anda persiapkan - Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Hal ini juga berpengaruh pada spesifikasi komputer yang dibutuhkan. Dan multimedia adalah salah satu bidang pekerjaan yang memerlukan komputer dengan spesifikasi hardware yang mumpuni agar bisa bekerja secara maksimal.

Nah bagi anda yang ingin merakit komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi multimedia yang menggunakan grafis yang tinggi, berikut adalah spesifikasi yang sebaiknya anda sematkan dalam komputer tersebut.
      
     1. Motherboard
Perangkat ini bisa dibilang sebagai rumah bagi otak komputer. Menjadi tempat utama yang mengatur cara kerja banyak komponen elektronik secara teknis, seperti Basic Input Output System atau biasa dikenal dengan BIOS, RAM, prosesor, chipset, VGA. Sebagai rumah, motherboard harus memiliki kekuatan besar untuk menampung semua perangkat yang ada di dalamnya. Untuk kebutuhan multimedia yang tangguh idealnya gunakan motherboard ASRock H81M-DGS atau ASRock Z87 EXTREME4 untuk kekuatan yang lebih maksimal.
Baca :Mengenal Motherboard dan Cara Merawatnya Agar Awet
merakit komputer,komputer grafis

      2.  Prosesor
Jika motherboard adalah rumah bagi otak komputer, maka prosesor inilah otaknya. Memiliki tugas sebagai pengatur semua kegiatan pada komputer. Prosesor berupa IC yang menjadi pusat semua sistem dari sebuah komputer.Berdasarkan perkembangannya, ada dua peruhaan besar yang memproduksi prosesor yang sudah dikenal dipasaran, yaitu Intel dan AMD.

Pemilihan merk biasanya disesuai kan dengan selera masing-masing, karena keduanya memiliki kelemahan dan keunggulannya berbeda. Hal penting lain yang harus diperhatikan pada saat membeli perangkat ini, pastikan soketnya sesuai dengan motherboard. Otak sistem kerja komputer ini memiliki bagian-bagian penting, yaitu:

a.    Aritcmatics Logical Unit atau yang biasa disebut ALU.
Dilihat dari namanya, sudah bisa dipastikan bahwa fungsi ALU tidak jauh dari seputar matematika, yaitu menghitung. Program memberikan instruksi dan ALU melakukan perhitungan aritmatikanya secara keseluruhan.
b.    Control Unit kepanjangan dari CU
Fungsinya sebagai pengatur jalannya data yang masuk dan keluar.
c.    MU (Memory unit)
Komponen ini kecil namun memiliki kapasitas penyimpanan dengan kecepatan tinggi.
Kemampuan otak menjadi kunci penting berjalannya sistem komputer, untuk itu pastikan bahwa prosesor yang dipilih juga memiliki kapasitas tinggi. Sebenarnya, untuk pemula dibidang multimedia, prosesor dual core sudah cukup. Akan tetapi jika memiliki budget yang tinggi, akan lebih baik memilih prosesor core i7 atau AMD Vishera FX-6300 3.5Ghzuntuk hasil yang lebih maksimal.

      3. RAM (Random Acces Memory)
Apabila diterjemahkan dalam bahasa indonesia bebas artinya memori akses bebas. Fungsinya untuk mempercepat akses penyimpanan, juga sangat bermanfaat sebagai penyimpanan sementara. Keberadaan memori ini sangat bermanfaat karena sebelum tersimpan pada hardisk, data akan terkunci oleh RAM, sehingga apa saja yang dilakukan pada komputer akan terdeteksi oleh penyimpanan sementara ini.

Ada tiga jenis RAM yang perlu diketahui, yaitu DDR, DDR2, DDR 3 dan DDR4, bedanya terletak pada tingkat kecepatan yang dimiliki. Cepat dan lambatnya sistem kerja komputer juga sangat dipengaruhi oleh kapasitas RAM. Umumnya, RAM yang digunakan pada komputer multimedia 4 giga yaitu Team Elite Dual Channel 4GB (2x2GB) atau 8 giga dengan spesifikasi Corsair DDR3 Dominator Platinum PC17000.
Baca juga : Definisi, Fungsi dan Jenis RAM

      4.    Hardisk
Merupakan komponen komputer yang sudah tidak asing lagi didengar, bahkan oleh orang awam yang tidak terlalu mengerti tentang dunia teknologi komputer. Manfaatnya adalah untuk menyimpan data di dalam komputer. Berikut merupakan beberapa jenis hardisk yang biasa digunakan untuk komputer multimedia:
a.    SATA. Merupakan jenis hardisk yang banyak digemari oleh melaku multimedia karena proses penyimpanannya cukup cepat dan jarang terjadi delay.
b.    SSD. Hardisk jenis ini terbaru dan jauh lebih cepat dari SATA meskipun ukuran hardisk lebih kecil namun solid.
Kapasitas simpan yang dibutuhkan untuk komputer multimedia cukup besar karena untuk menyimpan data-data berat. Hardisk yang dibutuhkan sekitar 500 – 1000 giga (1Tera).
Simak :Pengertian dan Perbedaan HDD IDE, ATA,SATA&SSD

      5. VGA
Video Graphic Accelerator merupakan kepanjangan dari VGA yang merupakan pengolah sinyal digital menjadi tampilan grafis pada monitor. Seperti halnya prosesor, terdapat dua produsen yang memproduksi komponen ini yaitu ATI dan nVidia. Komputer yang digunakan untuk multimedia diwajibkan memasang VGA card karena fungsinya sebagai penterjemah data berupa grafis ke layar monitor. Hal ini dilakukan karena multimedia tidak lepas dari gambar dan video, sehingga keberadaan VGA sangat mempengaruhi hasil resolusi gambar. Bagian penting yang ada pada VGA adalah sebagai berikut:

a.    Grapich Prossecing Unit atau GPU. Fungsinya untuk mengubah dan mengolah data menjadi titik-titik warna yang jumlahnya sangat banyak, sehingga menjadi satu kesatuan gambar yang sempurna. Dengan format PAL (Phae Alternating Line) 1 frame jumlahnya 24 pixel (titik), sedangkan 1 frame sama dengan 24 detik. Bisa dibanyangkan berapa titik-titik warna yang harus dirubah untuk menjadi tampilan gambar yang baik.
b.    Analog Converter berguna dalam mengubah data gambar menjadi sinyal analog yang bisa terbaca pada layar monitor.
c.    Video Memory. Sama halnya dengan RAM, yang fungsinya sebagai penyimanan data sementara.
d.    Bus Interface, sebagai tempat VGA card pada motherboard
e.    Fan sangat dibutuhkan karena kerja VGA card yang berat sehingga membuatnya cepat panas. Keberadaan kipas sangat membantu untuk proses pendinginan komponen ini.
f.     Display Interface merupakan slot yang berfungsi untuk menghubungkan VGA dengan monitor. Ada tiga jenis colokan yang biasanya dipakai yaitu HDMI, VGA dan DVI.
VGA terdiri dari 2 jenis, yaitu on board dan add on, bedanya hanya menyatu dan terpisah dengan motherbord. VGA card yang direkomendasikan untuk kelengkapan multimedia adalah Zotac Geforce GTX 750 Ti milik nVidia atau MSI AMD Radeon R7-250 dari ATI. Dewasa ini, VGA sudah mengalami perkembangan dengan kemampuan 3 dimensi yang mampu membaca akselerasi 3D. Kemampuan 3D sangat bermanfaat bagi pekerja multimedia seperti grafis, animasi, interior design bahkan pecinta game.

      6. DVD room
Tempat untuk kaset CD atau DVD apabila dibutuhkan. Rekomendasi DVD room yang baik adalah Lite On DVD RW 24X SATA

      7.    Casing dan Power suplay
Selain sebagai tempat untuk motherboard dan perangkatnya, DVD room, casing juga sangat berfungsi untuk melindungi bagian dalam komputer secara keseluruhan. Bagian komputer satu dengan lainnya harus dihubungkan dengan kabel-kabel kecil yang akan sangat berbahaya apabila tidak dikemas dengan rapi. Casing harus kuat, sehingga apabila terjadi benturan yang tidak disengaja, semua komponen komputer tetap aman. Corsair Carbide 500R Black adalah salah satu casing yang tangguh untuk membuat bagian dalam komputer tetap aman. Selain itu, power suplay yang berfungsi sebagai penyuplai arus listrik yang sudah dirubah dari AC menjadi DC pada komputer. Corsair RM Series 1000W merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan listrik komputer multimedia, karena dengan stabilnya arus listrik akan membuat komputer menjadi lebih awet.

Beberapa komponen yang disebutkan di atas sudah sangat baik untuk merakit komputer multimedia. Saat bekerja Anda tidak akan terkendala masalah komputer lambat karena semua sistem sudah berjalan maksimal.

0 Response to "Ingin Merakit Komputer Multimedia dengan Grafis Tinggi? Ini yang Harus Anda Persiapkan"

Posting Komentar