Definisi, Fungsi dan Jenis Ram

Definisi, fungsi dan jenis-jenis ram - Pada umumnya, perangkat keras yang selalu dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih komputer atau laptop mana yang akan dibeli, salah satunya adalah tentang tingkat kapasitas ram-nya. Kenapa demikian?

Nah untuk menjawab pertanyaan itu, berikut ini akan kami paparkan mengenai defenisi, fungsi dan juga jenis-jenis beserta cara memilih RAM yang baik yang nantinya informasi ini dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melihat spefikasi RAM yang tertera pada komputer atau laptop yang ingin Anda beli.

#Defenisi RAM

Ram (random access memory) dapat didefenisikan atau diartikan dari berbagai jenis pengertian. Ditinjau dari jenis atau sudut pandang input area, RAM dapat didefenisikan sebagai media penyimpanan data masukan (input) untuk yang akan diolah. Berikutnya jika ditinjau dari jenis atau sudut pandang pemrograman area, maka RAM didefenisikan sebagai media penyimpanan data yang selanjutnya akan diproses.

definisi,jenbis,fungsi,ram komputer

Dari jenis atau sudut pandang working area, RAM sendiri didefenisikan sebagai media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan suatu data hasil olahan yang selanjutnya akan dikerjakan. Terakhir, dari jenis atau sudut pandang output area  maka definisi RAM adalah media penyimpanan dari data yang telah selesai diolah. Dari defenisi-defenisi diatas dapat kita simpulkan bahwa secara umum defenisi dari RAM (random access memory) merupakan suatu media penyimpanan data-data beserta instruksinya hasil dari pengolahan yang menggunakan pemrograman komputer atau laptop.
Baca: Ingin Merakit Komputer Multimedia dengan Grafis Tinggi? Ini yang Harus Anda persiapkan

#Fungsi RAM

Dari defenisi ram, kita beralih kepada fungsi suatu ram. Hasil dari pemaparan mengenai defenisi ram, mungkin sudah bisa Anda simpulkan fungsi dari RAM itu sendiri. Fungsi dari suatu RAM adalah sebagai perangkat keras yang sifatnya sementara yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data-data atau pun program-program yang pengaksesannya dapat dilakukan ketika komputer atau laptop dalam keadaan sedang hidup atau tidak mati.

Fungsi dari RAM dapat digunakan untuk membantu kinerja dari suatu processor. Dimana suatu processor yang fungsinya hanya dapat menampung data dan juga instruksi dari komputer atau pun laptop  ketika melakukan registrasi dengan ukuran kapasitas yang sangat kecil. Sedangkan yang terjadi adalah bahwa untuk menyimpan data beserta informasi pada saat melakukan registrasi diperlukan suatu media penyimpanan yang besar agar seluruh informasi dapat disimpan untuk menjalankan suatu proses pemrograman. Untuk itulah mengapa RAM itu sangat dibutuhkan, karena proses pemrograman biasanya membutuhkan media penyimpanan data yang besar agar proses pemrograman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan dengan adanya RAM maka semua proses pemrograman tersebut dapat di-cover dengan baik.

#Jenis-jenis RAM

Setelah memaparkan soal defenisi dan juga fungsi dari suatu ram, maka sekarang akan dipaparkan mengenai jenis-jenis dari RAM itu sendiri. Menyoal kepada jenis-jenisnya, secara umum RAM dibagi menjadi dua jenis kelompok. Jenis kelompok pertama adalah RAM yang berbasis pada chip dan jenis yang kelompok yang kedua adalah RAM yang berbasis pada card.
·         Jenis RAM yang menggunakan chip
Jenis-jenis RAM yang menggunakan atau berbasis pada chip dibagi menjadi static RAM (sram), dynamic RAM (dram), non-volitile RAM (nvram) dan ferro electric RAM (fram).

a.    Static RAM (sram)
Jenis RAM yang satu ini merupakan jenis RAM yang bersifat semivolatile. Biasanya sangat berfungsi dalam membantu kecepatan proses pemrograman pada komputer atau laptop Anda dengan kelebihannya yang tidak perlu menggunakan operasi daya refresh. Sedangkan dalam proses pembuatan pada jenis RAM ini menggunakan teknologi cmos.

b.    Non-volatile RAM (nvram)
Nvram merupakan salah satu jenis sram yang memiliki kelebihan yaitu dengan adanya catu daya listrik sendiri. Dimana catu daya tersebut dihasilkan dari suatu baterai ukuran kecil dengan kemampuan untuk menyimpan catu daya meskipun komputer dalam keadaan mati atau tidak hidup. Fungsi dari nvram biasanya digunakan sebagai media penyimpanan program setup, konfigurasi pada laptop, waktu dan juga kalender.

c.    Ferro electric RAM (fram)
Fram merupakan jenis sram yang kelebihannya adalah tidak memerlukan catu daya dalam melakukan proses penyimpanan. Sumber catu daya fram adalah medan magnet, sehingga keberadaan baterai mini tentu tidak ada di sana.

d.    Dynamic RAM (dram)
Jika sram merupakan jenis RAM yang bersifat semivolitale, maka dram merupakan jenis RAM yang bersifat volitale. Fungsinya juga hampir sama dengan sram yaitu membantu meningkatkan kecepatan proses pemrograman data pada komputer atau laptop anda. Akan tetapi pada jenis RAM yang satu ini diperlukan arus listrik yang sifatnya kontinyu atau dengan kata lain pada jenis RAM yang satu ini diperlukan ada refresh. Untuk proses pembuatannya, dram menggunakan teknologi double diffuse mos (dmos).

·         Jenis RAM yang menggunakan card
Jenis-jenis RAM yang menggunakan atau berbasis pada card dibagi menjadi:

a.    Synchronous dynamic RAM (sd ram)
Edo RAM merupakan salah satu jenis RAM yang tedapat pada processor pentium edisi pertama yang kapasitas memori dari RAM yang satu ini adalah 8-16 mb yang standar pc-nya adalah 66/1 00. Edo RAM menggunakan kemasan single in-line memory module yang jumlah dari memori penyematnya adalah sebanyak 72 pin.

b.    Double data rate RAM (ddr ram)
Ddr RAM juga termasuk salah satu jenis RAM dinamik yang juga digunakan pada pentium generasi empat dengan memori yang memiliki beragam jenis tipe yang didasarkan pada jenis bandwith pada saat beroperasi dan juga berdasarkan pada jenis besarnya clock yang ditransfer pada memori jenis RAM tersebut. Ddr ram, tipe kemasannya adalah dual in-line memory module dengan jumlah pin memori penyemat adalah 184 pin.

c.    Synchronus dynamic RAM (sd ram)
Jenis RAM yang satu ini termasuk pada salah satu jenis RAM dinamik lainnya yang terdapat pada pentium generaasi satu sampai tiga dengan kecepatan bus pada memorinya berada pada frekuensi 66 mhz-133mhz. Kemasan dari sd RAM yaitu dual in-line memory module yang jumlah memori penyematnya adalah sebanyak 168 pin.

d.    Ddr dual channel ram
Ram yang satu ini menggunakan teknologi yang mirip dengan rd RAM atau singkatan dari rambus dynamic ram. Sistem yang dianut oleh RAM ini adalah dual-channel system,  dimana pada sistem tersebut dibutuhkan adanya pemasangan dua keeping modul memori yang memiliki kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung dari kinerja motherboard. Selain pemasangan modul memori, hal lain yang dibutuhkan adalah penambahan dalam pemasangan dua pasang memori terminator yang fungsinya mendukung memori standar jenis pc 2700/3200/4000 yang clocknya berkisar dari 500-800 mhz.

#Tips Memilih RAM

Tidak semua RAM itu bersifat kompatibel dengan komputer atau laptop anda, oleh sebab itu diperlukan pemilihan secara teliti. Dalam hal memilih RAM yang baik untuk komputer atau laptop anda, berikut  ini beberapa tipsnya
1.  Sebaiknya memilih memori RAM yang sifatnya kompatibel dengan komputer anda. Misalnya, jika RAM dual-channel  dapat kompatibel dengan komputer anda, maka dipilih saja RAM dual-channel.

2.    Setiap melakukan pembelian memori ram, Anda dianjurkan untuk membeli dua jenis memori RAM dengan ukuran kapasitas yang berbeda-beda, misalnya yang satu berkapasitas 4 gb dan yang satunya berkapasitas 8 gb.

3.    Penting untuk lebih dulu memerhatikan ukuran nilai kapasitas maksimal dari memori RAM pada komputer anda.

4.    Tidak dianjurkan untuk memilih memori RAM yang tidak memiliki kemasan bersegel beserta memori RAM yang berisi suatu chip yang tidak jelas.

5.    Lebih baik memilih memori RAM yang nilai latensinya rendah.

Nah itu dia ulasan mengenai RAM, berikut jenis-jenis dan tips memilih RAM. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

0 Response to "Definisi, Fungsi dan Jenis Ram"

Posting Komentar