Mengatasi Wifi Lemot dan Cara Mengamankan Jaringan Wifi

Mengatasi wifi lemot dan cara mengamankan jaringan wifi - Apakah Anda telah memasang WiFi secara personal di rumah sendiri? Jika iya maka sudah pasti Anda berharap dapat merasakan kelancaran dan kenyamanan melalui koneksi WiFI tersebut. Namun apa jadinya jika ternyata koneksi WiFI yang ada malah buruk dan lemot sehingga menyebabkan kegiatan browsing pun terganggu.

#Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi Yang Lemot

1.    Posisi Router WiFi
Hal pertama yang paling memungkinkan terjadi sebagai penyebab dari lambatnya koneksi pada jaringan WiFi adalah lemahnya sinyal yang didapat oleh perangkat, baik itu smartphone, komputer, ataupun gadget lainnya. Hal ini biasanya terkait dengan penempatan Router WiFi yang tidak tepat sehingga membuat sinyal yang ada tidak dapat menyebar dengan luas.
Oleh karena itu perhitungkan terlebih dahulu mengenai tempat/posisi untuk meletakkan Router WiFi. Pilihlah posisi yang memang ideal sehingga sinyal dapat dengan maksimal menjangkau seluruh area sudut ruang di rumah Anda. Sebagai contoh jika rumah Anda memang cukup luas dan terdapat banyak sekat pemisah antar setiap ruangannya maka Anda bisa menaruh Router WiFi di area tengah dari rumah Anda sehingga sinyal tidak akan mubadzir keluar dari rumah melainkan dapat maksimal memenuhi setiap sudut ruang yang ada.
cara,mengatasi,mengamankan,wifi

2.    Koneksi yang buruk
Hal kedua yang dapat menjadi penyebab dari lemahnya sinyal WiFi adalah buruknya sinyal yang dikeluarkan. Hal ini biasanya terkait dengan adanya gangguan dari ISP sehingga menyebabkan lemahnya koneksi. Oleh karena itu apabila hal ini benar terjadi, Anda dapat segera menghubungi call center dari penyedia layanan WiFi terkait untuk menanyakan mengapa terjadi gangguan koneksi WiFi sehingga pihak penyedia layanan pun dapat segera memperhatikan jaringannya dan membenahi tiap-tiap kerusakan yang ada.
3.    Firmware
Hal selanjutnya yang biasanya terjadi sebagai penyebab lemahnya koneksi WiFi adalah permasalahan pada firmware Router yang mana biasanya sudah terlalu lama sehingga perlu dilakukan update sistem.
Oleh karena itu lakukan pengecekan secara rutin terhadap firmware dari Router WiFi Anda, pastikan jika firmware tersebut sudah terupdate dengan aktual sehingga selalu berada dalam kondisi seri firmware terbaru.
4.    Memasuki batas maksimal penggunaan data
Perlu diketahui sebelumnya jika saat ini ada penyedia layanan WiFi yang memang membatasi jumlah pemakaian data internet dari WiFi sesuai dengan paket yang dipilih oleh pelanggan. Hal ini yang kemudian membuat WiFi tetap dapat memancarkan sinyal koneksi internet namun dengan kecepatan yang sangat lamban.
Oleh karena itu Anda dapat memperhatikan terlebih dahulu paket yang dipilih untuk berlangganan WiFi, apakah disitu tertera bahwa data yang dapat digunakan adalah Unlimited tanpa batasan kecepatan ataupun sebaliknya, terdapat batas pemakaian dari WiFi tersebut.
5.    Aplikasi / software yang melakukan download secara otomatis
Jika Anda sedang melakukan streaming video ataupun mengunduh sebuah file namun kemudian secara tiba-tiba proses streaming maupun unduh tersebut melamban maka yang patut dicurigai adalah adanya beberapa aplikasi atau software yang melakukan download secara otomatis untuk mengupdate sistem tanpa pengetahuan sebelumnya kepada pengguna.
Hal ini biasanya terjadi pada aplikasi-aplikasi tertentu yang memang membutuhkan update secara berkala seperti misalnya antivirus dan VLC media player. Oleh karena itu untuk menghentikan permasalahan ini Anda dapat lakukan setting pada aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghilangkan proses download otomatisnya.
6.    Setting koneksi
Kemudian hal selanjutnya yang dapat menjadi penyebab dari lemahnya koneksi atau sinyal dari WiFi adalah pengaturan dan konfigurasi yang kurang tepat pada sistem dari Router WiFi tersebut. Oleh karena itu lakukan setting ulang pada Router WiFi dengan memaksimalkan frekuensi yang tersedia, biasanya frekuensi terbaik adalah berada di angka 2,4 Ghz.
7.    Ada perangkat lain yang mencuri data WiFi Anda
Setelah semua penyebab diatas sudah diperiksa dan dibenahi namun koneksi WiFi Anda tetap lemot maka kemungkinan terakhir yang terjadi adalah adanya seseorang yang dengan sengaja menggunakan koneksi WiFi Anda tanpa ijin yang mana biasanya melalui aplikasi yang dapat membobol password WiFi Anda.
Oleh karena itu berikan pengamanan ekstra pada WiFi Anda, jangan hanya pasrah pada password dari WiFi itu sendiri namun Anda juga dapat memberikan proteksi tambahan dalam bentuk aplikasi atau software yang saat ini sudah sangat banyak tersebar dan dapat diunduh secara gratis melalui berbagai website.
Demikianlah ulasan mengenai beberapa penyebab dan solusi dari lemotnya koneksi WiFi Anda. Lalu terkait dengan yang sebelumnya sudah dibahas pada point nomor 7 tentang aplikasi yang dapat membobol password WiFi dan lawannya yaitu aplikasi yang dapat memproteksi WiFi disini juga akan dibagikan ulasan mengenai aplikasi apa sajakah itu, sehingga Anda dapat mengunduh dan menginstallnya pada perangkat komputer Anda.

#Aplikasi untuk mengamankan jaringan WiFi pribadi

1.Netcut Defender
Pertama-tama aplikasi berbayar yang terbukti ampuh untuk mengatasi retasan dari pengguna lain terhadap jaringan WiFi kita adalah aplikasi ‘Netcut defender’ yang mana akan secara otomatis memproteksi jaringan WiFi Anda dari oknum-oknum jahil.
2.Softperfect WiFi
Masih sama dengan sebelumnya, aplikasi ini adalah aplikasi yang terbukti ampuh mengamankan password WiFi dari serangan oknum tak bertanggung jawab. Aplikasi ini juga sifatnya sangat sederhana sehingga dirasa dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.
4.Hotspot Shield
Sesuai dengan namanya yang apabila diartikan adalah dapat ‘Melindungi hotspot’ dari tangan-tangan jahil yang mencoba untuk membobol Password Anda maka disini Hotspot Shield mampu memproteksi perangkat komputer maupun laptop Anda agar tidak dapat mengalami gangguan pada koneksinya.

#Aplikasi untuk membobol Password WiFi

1.    WiFi Hacker Ultimate
Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk membobol Password WiFi adalah aplikasi ‘WiFi Hacker Ultimate’ yang mana aplikasi ini dapat dioperasikan dengan sangat sederhana, yaitu hanya menekan tombol start maka aplikasi ini dapat langsung menemukan password dari WiFi yang dituju.
2.    WiFi Password Key
Aplikasi kedua yang tak kalah hebatnya dalam perihal membobol Password WiFi adalah aplikasi ‘WiFi Password Key’ yang mana dalam pengoperasiannya Anda cukup memasukkan SSID nama pada saat ingin menghubungkan perangkat dengan WiFi dan kemudian aplikasi tersebut akan dengan segera mencari password yang digunakan sehingga Anda dapat langsung terkoneksi.
3.    WiFi Password Breaker
Aplikasi selanjutnya yang dapat secara efektif membobol password WiFi adalah aplikasi ‘WiFi Password Breaker’. Aplikasi ini dapat melakukan scanning pada setiap jaringan WiFi yang sampai pada perangkat gadget Anda dengan hanya melakukan beberapa langkah sederhana.
4.    Router Keygen
Aplikasit terakhir yang dapat membobol Password WiFi secara instan adalah aplikasi ‘Router Keygen’ yang mana dengan aplikasi ini para pengguna dapat segera menyambungkan gadgetnya dengan sinyal WiFi dari manapun juga dan kemudian Password dari WiFi tersebut akan ditampilkan melalui aplikasi ini
Demikianlah ulasan seputar WiFi, mulai dari penyebab dan solusi dari lemotnya WiFi hingga daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk membobol ataupun memproteksi Password WiFi, semoga informasi tersebut bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi Wifi Lemot dan Cara Mengamankan Jaringan Wifi"

Posting Komentar